Mengapa Lancer dan Pajero Tak Berlanjut Generasi? Ini Jawaban Perancangnya

Mengapa Lancer dan Pajero Tak Berlanjut Generasi? Ini Jawaban Perancangnya

Mitsubishi memiliki sejarah cukup panjang di dunia reli, baik reli dunia WRC maupun Dakar. Tapi mengapa 2 produk legendaris mereka di ajang itu, Lancer dan Pajero, justru berhenti pengembangannya? Sebelum terjadi salah paham, kami jelaskan kalau di sini maksudnya adalah Pajero seperti foto di atas, bukan Pajero Sport  

Hari ini kami berkesempatan bertemu langsung dengan Hiroshi Masuoka, pereli Dakar senior yang sekarang bekerja di Mitsubishi Motor Corporation sebagai test driver dan pengembangan produk juga. Beliau datang ke Indonesia dalam rangka melakukan demo dan atraksi All New Pajero Sport di Jakarta 26-28 Februari ini.

Langsung saja pertanyaan tadi kami ajukan. Karena bagaimanapun ia juga yang membantu Mitsubishi mendesain produk-produk barunya, terutama di sasis, suspensi dan hal yang berkaitan dengan keasyikan mengemudi. Apalagi ia sangat akrab dengan dunia motorsport.

 

Hiroshi Masuoka (tengah): DNA reli Mitsubishi akan diteruskan model lain

 

"Ya, memang disayangkan Lancer tidak berlanjut. Hal ini dikarenakan sulitnya regulasi emisi di negara maju bila kami mempertahankan konsep serupa," ucap Masuoka. "Harganya akan jadi terlalu mahal, oleh karena itu sekarang kami justru fokus ke kendaraan elektrik dan hybrid." Ia sendiri mengakui kalau mobil Mitsubishi paling favorit baginya adalah Lancer Evolution X.

Mengenai Pajero sendiri, Masuoka membisiki bahwa mobil itu akhirnya tidak sepenuhnya dihentikan. Ia dan timnya di masa depan akan merancang generasi barunya yang bisa diterima masyarakat dengan regulasi emisi yang makin ketat. "Jadi saya tidak bisa bilang Pajero dihentikan. Nanti kami akan memikirkan bagaimana seharusnya Pajero terbaru. Ada juga kemungkinan ke arah hybrid."

Nah, dengan absennya generasi baru kedua model legendaris itu, setidaknya hingga sekarang, apakah DNA motorsport dari Mitsubishi bisa dilanjutkan dengan model yang ada? "Saya rasa bisa," tambah Masuoka. "Di Swedia kami membuat Mirage versi reli. Sementara All New Pajero Sport juga mencerminkan ketangguhan dan performa. Kalau saja dijual di Jepang, saya pasti beli Pajero Sport baru hahaha.."

Masuoka sendiri merupakan jagoan reli yang didukung Mitsubishi sejak lama. Bahkan di 2002 dan di 2003 ia memenangi reli terberat di dunia, Paris-Dakar, dengan Mitsubishi Pajero.

 

Istimewa

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com