Inilah Alasan Honda Hanya Menjual Satu Tipe All New Civic

Di Thailand, Honda Civic terbaru memiliki 2 varian mesin. Mengapa di Indonesia hanya ada satu pilihan?
Penulis: Hariawan Arif
Senin, 11 April 2016 16:35 WIB
Berita - Inilah Alasan Honda Hanya Menjual Satu Tipe All New Civic
Bagikan ke:

PT. Honda Prospect Motor (HPM) baru saja meluncurkan salah satu varian barunya di Indonesia yaitu All New Civic. Sebuah sedan berukuran medium yang kini sebagai pionir yang menggunakan mesin turbo di kelasnya. 

Sebenarnya, saat mobil ini dliuncurkan di Thailand terdapat dua pilihan mesin yaitu mesin N/A berkapasitas 1.800 cc SOHC empat silinder i-VTEC bertenaga 141 dk dan mesin terbaru 1.500 cc i-VTEC turbo bertenaga 173 dk. Mesin 1.800 cc ini sama dengan yang digunakan di generasi sebelumnya. Sedangkan varian 2.000 cc tak lagi dibuat. Tapi uniknya, varian yang dijual di Indonesia hanya ada satu pilihan yaitu varian tertingginya, All New Civic Turbo. Kenapa begitu?

“Kami hadirkan produk yang diinginkan oleh masyarakat saja. Untuk apa kita hadirkan yang 1.800 cc juga, karena tenaga yang 1.500 cc turbo setara dengan mesin di atas 2.000 cc,” jawab Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM.

Memang logisnya, mesin berkapasitas besar memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih boros ketimbang mesin berkapasitas kecil. Selain itu, mesin 1.500 cc turbonya saat ini juga memiliki tenaga yang jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin berkpasitas 1.800 cc yang hanya menghasilkan tenaga 141 dk. Namun yang mengundang pertanyaan, tak ada lagi varian manual, sedangkan transmisi otomatis yang digunakan memakai CVT. Memang CVT-nya sudah berteknologi Earth Dreams yang lebih sigap, namun belum diketahui apakah sanggup mengimbangi karakter sport dari mesin. 

BACA JUGA:

GALERI FOTO: Honda All New Civic 2016

#honda #civic #

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.