Honda BR-V Bermesin Diesel Hadir Di India, Ini Detailnya

Honda BR-V meluncur di India (9/5) dan memiliki mesin diesel. Total ada 9 varian dengan harga lebih murah dari Indonesia.
Penulis: Hariawan Arif
Selasa, 10 Mei 2016 10:00 WIB
Berita - Honda BR-V Bermesin Diesel Hadir Di India, Ini Detailnya
Bagikan ke:

Setelah diluncurkan di Thailand dan Indonesia, Honda BR-V kemarin diluncurkan di India (9/5). Tapi ada sedikit yang unik, karena Honda BR-V yang dipasarkan di sana mendapatkan sebuah varian bermesin diesel 1.500 cc i-DTEC.

Foto - Honda BR-V Bermesin Diesel Hadir Di India, Ini Detailnya
Pembedanya untuk varian diesel hanya terlihat dari emblemnya

Mesin turbo diesel DOHC ini memiliki teknologi Earth Dreams yang sanggup meletupkan tenaga 98,5 dk. Tenaganya memang memang lebih kecil dari bensin, tapi ia memiliki torsi sebesar 200 Nm, yang artinya 55 Nm lebih besar. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Honda mengklaim bahwa mesin ini hanya mengkonsumsi bahan bakar 21,9 km/l. 

Varian pilihan lainnya adalah mesin bensin 1.500 cc SOHC i-VTEC yang sama dengan yang sudah dipasarkan di Thailand dan Indonesia menghasilkan tenaga sebesar 119 dk dan torsi 145 Nm. Mesin ini juga sama seperti yang diaplikasikan pada Honda Jazz, Freed dan Mobilio. Terdapat dua pilihan transmisi yaitu manual 6 percepatan dan CVT.

Foto - Honda BR-V Bermesin Diesel Hadir Di India, Ini Detailnya
Transmisi manual 6 percepatan

Berbeda dengan Indonesia yang hanya terdapat lima pilihan varian, di India terdapat sembilan pilihan varian dengan dua di antaranya diesel. Ada empat level kemewahan yaitu E, S, V dan varian tertingginya VX. Pilihan CVT pada mesin bensin hanya ada pada varian V ke atas.

Untuk harganya, Honda India membanderolnya mulai dari 8,75 lahks atau sekitar Rp 175 juta untuk varian E bermesin bensin. Sedangkan untuk tipe VX bermesin diesel dihargai Rp 258 jutaan. Pada varian terlengkapnya dilengkapi dengan lampu utama berproyektor, foglamp, LED Position lamps, lampu belakang LED, spion lipat elektrik, AC digital, double blower, keyless entry dengan tombol start engine, bluetooth dan tombol pengatur audio di lingkar kemudi. Harga itu artinya cukup jauh lebih murah dibanding Indonesia  

Sebagai standar fitur keamanan, BR-V dilengkapi dengan airbag ganda di bagian depan. Selain itu seluruh varian bermesin diesel dilengkapi dengan ABS dan EBD yang padahal dua fitur tersebut hanya didapatkan mulai dari varian S ke atas untuk tipe mesin bensin.

Foto - Honda BR-V Bermesin Diesel Hadir Di India, Ini Detailnya

Apakah varian diesel ini juga akan dijual di Indonesia? Kalaupun iya, pasti akan berharga lebih mahal dari tipe bensin yan sekarang saja sudah menyentuh Rp 260 jutaan. 

#honda #br-v

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.