Belum Selesai Dieselgate, VW Harus Recall Ratusan Ribu Unit Mobil

Belum Selesai Dieselgate, VW Harus Recall Ratusan Ribu Unit Mobil

Volkswagen Group yang kasus Dieselgate-nya belum selesai, tertimpa masalah lagi terkait recall. Pabrikan asal Jerman ini baru saja mengumumkan akan melakukan recall alias penarikan mobil yang sudah dijual sebanyak 281.505 unit pada merek VW dan Audi.

Seperti yang diberitakan Autoblog (8/10), penarikan ini dilakukan terkait ditemukannya potensi kebocoran bahan bakar pada banyak model VW dan Audi. Tapi sebenarnya kebocoran bahan bakar ini memiliki perbedaan masalah pada tiap modelnya.

Untuk model di Indonesia belum ditemukan potensi cacat teknis

Yang pertama yaitu model Audi A6 lansiran 2012-2013 dan Audi A7 dengan total 28.249 mobil yang memiliki masalah kualitas selang bahan bakar yang jelek di kompartemen mesin. Permasalahan yang berbeda lagi pada Audi Q5s rakitan 2009-2012 dan Audi Q7s rakitan 2007-2012 berjumlah 143.214 unit, diketahi bermasalah pada tutup tangki bahan bakar yang retak sehingga berpotensi bocor bahan bakar.

Masalah ketiga juga terdapat di model-model berbeda, yaitu Golf SportWagen, GTI, Audi A3 sedan, dan A3 Cabriolet yang mencapai total 110.042 unit dan harus dilakukan recall karena adanya potensi bocor bahan bakar dari penguapan sistem emisi.

Sebenarnya belum ada hal yang membuat terpicunya dilakukan recall pada ratusan ribu unit mobil ini terkait permasalahan kebocoran bahan bakar ini. Namun ini penarikan kembali mobil-mobil tersebut jadi tindakan preventif yang harus dilakukan. 

Saat ini komponen penggantinya belum tersedia, tapi pihak Volkswagen dan Audi akan menginformasikan pelanggannya secepat mungkin. Kemungkinan kasus serupa di Indonesia belum dikonfirmasi oleh VW Group, karena sejauh ini rencana recall baru akan berlaku untuk Amerika Serikat dan Eropa.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com