Konsumsi Bensin Xpander Bisa Tembus 20 KM/Liter!

Konsumsi Bensin Xpander Bisa Tembus 20 KM/Liter!

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu primadona di kelas LMPV saat ini. Walau mobil satu ini mesinnya sama-sama 1.5000 cc, serupa kapasitasnya dengan beberapa kompetitornya, namun ada yang bisa mencetak kehematan yang lumayan irit.

Salah seorang anggota Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia dengan nama akun Facebook Yan Kurniawan telah memamerkan pencapaian kehematan yang terekam pada Xpander-nya. Dalam unggahan fotonya di grup komunitas tersebut (4/5), tercatat ia menorehkan angka konsumsi bensin rata-rata di angka20 km/liter.

Foto: Yan Kurniawan

 

"Jalan2 abis subuh dari Jakarta ke Bogor. Jalanan lancar, gas tipis2 80kpj, rpm 2000, ac dimatiin karena udara dingin. Dapet deh iritnya, posisi nyetir juga ergonomis banget nih xp (Xpander)," tulisnya dalam keterangan foto.

Kepada OtoDriver ia menyebut bahwa bensin yang digunakan pada Xpander-nya kala itu adalah Pertamina Pertalite. "Kecepatan 80-90 kph, rpm 2000-2500," seru Yan.

"Jalanan lancar jaya jadi bisa maintain kecepatan dan putaran mesin yang konstan. Berangkat dari kebon jeruk, sampe di tol jagorawi dapet segitu," lanjutnya tanpa menyebut tipe apa Xpander yang digunakannya. Namun dari unggahan fotonya, tampak Xpander yang digunakan bertransmisi otomatik.

Angka 20 km/liter yang tercatat pada MID tentu tergolong sangat irit. Sebab dari pengetasan OtoDriver terhadap Xpander Ultimate bertransmisi matic mencatatkan angka kehematan lebih rendah.

Pada pengetesan yang kami lakukan pada 2017 itu, dengan kecepatan rata-rata di dalam kota 22 km/jam didapat angka kehematan 12 km/liter. Sedangkan untuk rute luar kota di angka 19,8 km/liter.

Namun dari pengakuan Yan, baru kali ini Xpander-nya mencetak efisiensi bahan bakar seirit yang ia pamerkan. Artinya angka kehematan yang luar biasa tersebut bisa saja didapat dengan gaya mengemudi yang sangat mengutamakan prinsip eco driving.

Dan yang terpenting, kondisi mesin Xpander harus dalam keadaan fit dan standar.
 

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com