Garam Dapur Adalah Anti Jamur Ampuh Bagi Jok Bahan Fabric

Garam Dapur Adalah Anti Jamur Ampuh Bagi Jok Bahan Fabric

Keunggulan jok berbahan kain atau fabric adalah tidak terasa panas saat diduduki dan terasa lebih lembut kerena kebanyakan menggunakan material yang mampu menyesuaikan dengan lekuk tubuh saat diduduki. Sayang, khususnya pada bahan yang berwarna terang kerap dijumpai noda yang mengganggu pandangan.

Bahan ini pun relatif lebih sulit dibersihkan, salah satu karena sifatnya yang punya daya serap lebih dibanding dengan bahan kulit ataupun semikulit. “Lebih susah dibersihkan, namun dengan trik sederhana cukup efektif mengangkat kotoran yang nempel pada material tersebut,” terang Andik Prasetyo dari DnA Auto Detailing, Bintaro Jakarta Selatan.

 

Bahan yang digunakan pun tak harus bermerek dan bahkan bisa menggunakan bahan yang ditemukan di rumah.

“Kita gunakan detergen cair untuk mencuci pakaian. Lalu dicampur dengan garam dan air,” ungkap Andik. Lebih jauh Andik menjelaskan bahwa garam dapur merupakan bahan yang memiliki efek anti jamur untuk bahan fabric. “Dengan kehadiran garam dapur ini maka perawatan selanjutnya lebih enteng,” imbuhnya.

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan jok berbahan fabric

  1. Bersihkan permukaan jok yang akan dibersihkan, pastikan tidak ada serpihan kotoran, seperti remah makanan yang tertinggal.
  2. Siapkan bahan pembersih yang terdiri dari campuran air, detergen cair dan garam. Komposisi 1 sendok makan garam, 1 sendok makan detergen dan air secukupnya. Buat buih/busa dengan campuran tersebut
  3. Gosok busa dengan spons pada bagian yang kotor. Bisa gunakan sikat gigi bekas apabila mendapati noda membandel
  4. Keringkan dengan tissue. Jangan gunakan kain atau lainnya dalam proses ini. Tissue dipilih karena sudah bisa dipastikan bahwa kondisinya bersih dan bebas jamur.
  5. Agar dipastikan kering, gunakan hair dryer pada bagian yang baru dibersihkan.
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 

Bagikan

Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com