FIRST DRIVE : Toyota All New Fortuner Diesel 2.4 VRZ 4x2 A/T

FIRST DRIVE : Toyota All New Fortuner Diesel 2.4 VRZ 4x2 A/T

Sebelum resmi diluncurkan Jumat (22/1) oleh PT Toyota Astra Motor (TAM), kami berkesempatan untuk menguji Toyota All New Fortuner. Tipe yang kami coba adalah 2.4 VRZ 4x2 bermesin diesel. Eksplorasi guna mendapatkan rasa berkendara kami lakukan agar dapat memberikan sedikit gambaran kepada masyarakat yang menunggu kehadiran mobil ini.

Varian ini adalah yang tertinggi untuk Toyota All New Fortuner berpenggerak dua roda yang dijual di pasar Indonesia. Toyota pun sudah merakit Fortuner terbaru ini secara lokal (Completely Knock Down) di Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Karawang, Jawa Barat.

 

 

Tampilannya jelas berubah total ketimbang generasi sebelumnya. Tampangnya menjadi lebih futuristik dengan model lampu depan sipit bergaris tajam dengan gril besar dan ornamen krom hingga bagian bawah bumper. Aplikasi teknologi lampu LED yang Toyota sebut Bi-Beam LED mengisi sektor penerangan di malam hari.

Bagian belakangnya pun tampil serupa dengan lampu tipis yang melebar hingga ke pintu bagasi. Teknologi lampu LED tiga baris pun mampu memberikan sinar yang cantik di malam hari bagi para pengemudi di belakangnya. Dari pendapat para netizen yang kami pantau, rata-rata lebih menyukai bagian belakang mobil ini ketimbang Pajero Sport baru, meski di bagian depan tak sefuturistik rivalnya itu.

 

 

Mesin generasi terbaru berkode 2GD-FTV, diesel DOHC 16 valve VVT-i berkapasitas 2.393 cc, dilengkapi dengan Variable Geometry Turbocharger yang mampu mendongkrak tenaganya hingga 149 dk dengan torsi 400 Nm. Tenaga ini jauh membesar dibanding sebelumnya, tapi masih lebih kecil ketimbang rivalnya, All New Pajero Sport Dakar dengan 181 dk dan torsi 430 Nm.

Tarikan yang dihasilkan tidak spektakuler di mobil sebesar ini, tapi terasa sangat memadai. Di Toyota All New Kijang Innova, mesin ini sanggup memberi kehematan dalam kota 11 km/l, kami perkirakan di bodi Fortuner ia akan sedikit lebih boros. Tapi enaknya, Toyota mengizinkan mesin ini diisi Solar biasa. Getaran yang dihasilkan lebih sedikit ketimbang generasi sebelumnya, meski di dalam kabin masih tetap terasa sedikit lebih bergetar ketimbang rival beratnya, Mitsubishi All New Pajero Sport.

 

 

Kemewahan yang disajikan di bagian dalam, sekelas SUV premium. Warna twotone hitam-cokelat tua dengan lapisan soft touch diatas speedometer dan bagian tengah memberikan citra sebuah SUV kelas atas. Kombinasi tersebut masih ditambah dengan paduan ornamen piano black serta aksen wood panel hingga bagian tengah tuas transmisi otomatik 6-percepatan. Anda akan lebih betah melihat kabin mobil ini ketimbang rivalnya. Pengecualian mungkin untuk Ford Everest yang juga memiliki interior menarik.

Pada Fortuner generasi terbaru ini, pengemudi juga tak perlu lagi direpotkan untuk turun dari jok kemudi guna membuka dan menutup pintu bagasi. Karena cukup menekan tombol yang terdapat di sisi kanan dasbor untuk mengoperasikan sistem elektriknya. Bagasi elektrik ini juga dilengkapi sensor anti-jepit sehingga cukup aman bagi anak kecil, meski kami tak menyarankan Anda mengetesnya ke anak sendiri.

Beberapa fitur kini hadir melengkapi Toyota All New Fortuner tipe VRZ ini. Yakni start/stop engine button, jok elektrik di sisi pengemudi, paddle shift transmisi, AC Climate Control, headunit air gesture dengan fitur mirror link dan miracast, eco-power mode dan kontrol traksi. Parking brake masih menggunakan tuas manual seperti generasi sebelumnya.

Head unit yang digunakan sama dengan di Toyota Kijang Innova. Bedanya ia sudah dilengkapi dengan navigasi satelit. Tapi mobil tes kami ini ternyata belum dilengkapi kamera parkir, padahal pasti berguna untuk mobil sebesar ini.

 

 

Jok semi-bucket dengan lapisan kulit terasa nyaman karena mampu memeluk tubuh di bagian pinggang dan terasa cukup empuk. Bagi pengemudi dengan tinggi lebih dari 170 cm pun, masih leluasa untuk memasuki kabin All New Fortuner ini.

Kursi penumpang tengah juga dapat disetel posisi maju dan mundurnya, guna mencapai ruang kaki ideal yang lebih lapang. Bangku baris ketiganya terbilang sempit namun masih layak bagi penumpang dengan tinggi di bawah 160 cm.

 

 

Dengan pelek berdiameter 18 inci dan ban berukuran 265/60R18, All New Fortuner masih memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Saat kami libas trek berkontur tanah banyak gundukan, kinerja suspensi masih mampu menjaga kestabilan bodynya.

 

 

Akomodasi dan Kepraktisan tidak terasa begitu berbeda dengan generasi sebelumnya. Pada Fortuner terbaru ini, memiliki empat buah laci tertutup, delapan buah penyimpananterbuka dan 10 cup holder yang dapat menampung seluruh barang bawaan penumpang, di setiap perjalanan. Dengan konfigurasi bangku baris terakhir 50:50, melipatnya untuk memberikan kapasitas angkut barang bawaan lebih pun mudah dilakukan.

Secara umum Toyota membuat All New Fortuner ini jauh membaik dari sebelumnya. Satu poin plus lagi, walau berbasis serupa Kijang Innova dan Hilux, nyatanya Fortuner memiliki desain luar dalam berbeda. Tidak seperti pendahulunya yang mirip-mirip. Ini menciptakan eksklusivitas dan menghindarkan perasaan memakai produk generik. Walau dari segi performa tak sehebat rivalnya, kami yakin Anda akan betah berada di dalam kabinnya.

Bagi Anda yang ingin melihat video pengetesan kami, silakan klik link di bawah. Untuk tes lengkap, kami akan mengetes mobil ini dalam jarak panjang. Tentu saja data yang dihasilkan berikut penilaiannya akan lebih akurat lagi.

 

Baca Juga:

VIDEO: Toyota All New Fortuner 2016 First Drive Review Indonesia - OtoDriver

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com