FIRST DRIVE: Nissan All New Livina VE AT

FIRST DRIVE: Nissan All New Livina VE AT

Sejak debut Mitsubishi XM Concept sempat tak terbayangkan jika purwarupa tersebut akan menjadi generasi terbaru dari Nissan Livina. Dan tahun inilah semuanya terjawab secara gamblang.

Seperti yang Anda bisa simak, platform Mitsubishi Xpander benar-benar diserap sempurna oleh Nissan Indonesia demi meneruskan kesuksesan LMPV-nya. Namun yang kami dapati tak demikian, justru All New Livina ini seolah menjadi varian tambahan bagi peminat Xpander.

 

Karena "varian tambahan" atau acap disebut sebagai produk kembar, maka rasa mengemudinya pun sama saja dengan LMPV berlogo tiga berlian itu. Yang sangat berbeda di eksterior ada pada bagian moncong, All New Livina mengusung bahasa desain V-Motion pada grillnya.

Sedangkan lampu utamanya hampir serupa, hanya Nissan menerapkan desain yang lebih lancip dan memang sangat pas dengan bentuk grill. Sedangkan lampu DRL sipitnya sama persis dengan Xpander. 

 

Sampai di sini, bisa kami simpulkan bahwa All New Livina punya karakter "wajah" yang cenderung lebih elegan. Sedangkan Xpander lebih ke arah gagah.

Beberapa hal yang jadi catatan salah satunya adalah ketiadaan elemen pemanas pada kaca belakang. Hal ini serupa dengan Xpander. Maka ketika hujan mau tak mau pengemudi hanya mengandalkan wiper belakang.

 

Kemudian khusus pada unit yang kami tes, yakni All New Livina VE ini, harus ada ektra tenaga saat menutup pintu. Hal ini mungkin dikarenakan tebalnya karet peredam pada pintu. Namun hal positif yang kami dapati adalah kesenyapan kabin yang sangat baik ketika mobil melaju.

 

Saat sudah berada di balik kemudi pun rasanya tak ada bedanya dengan Xpander. Jok sangat empuk dan cukup mudah diatur posisinya sesuai postur kami. Fitur di audio pun tak ada bedanya, hanya desain hardware-nya saja lebih elegan dibanding kembarannya.

Yang menjadi keunggulan di All New Livina yang kami tes justru ada di fitur safety. Karena bukan cuma mendapat kamera parkir, namun Nissan juga sudah melengkapinya dengan sensor parkir. 

Tak usah berlama-lama, kami pun segera membawanya ke jalan raya. Jika boleh menutup mata beberapa detik saja, maka pasti rasanya tak ada beda dengan mengemudi sebuah Xpander matic.

 

Jika Anda masih belum tahu rasanya seperti apa, maka kami sepakat bahwa rasanya tidak seperti mengemudi sebuah Low MPV. Bantingan suspensinya yang lembut dan handlingnya yang oke, membuat Livina rasa Xpander ini bisa disejajarkan dengan rasa sebuah Medium MPV.

 

Demikian pula dengan karakter tarikannya. Persis dengan Xpander yang sama-sama mengandalkan mesin tipe bensin berkubikasi 1.500 cc. Tidak bisa kami sebut sebagai mesin yang kencang, namun tenaga 104 dk dan torsi 141 Nm sudah cukup untuk diandalkan sehari-hari.

Apalagi dengan paduan ground clearance setinggi 205 mm, All New Livina harusnya bisa diandalkan menerabas jalanan tak rata maupun trek tanah sekalipun.

Kesimpulan

Jika Anda bosan dengan wajah Xpander yang eksistensinya di jalan raya sudah sangat banyak, maka All New Livina ini bisa menjadi solusinya. Dengan berbagai keunggulan Xpander, plus desain V-Motion dan opsi warna khas Nissan, maka secara tampilan mobil ini layak untuk dipinang. Namun jangan berharap banyak mendapat hal baru di dalam kabinnya selain yang sudah ditawarkan Xpander.

 

Kelebihan

·      Desain wajah sangat segar dan elegan

·      Ground clearance termasuk tinggi di kelasnya

Kekurangan

·      Perlu tenaga ekstra saat menutup pintu

 

Spesifikasi

Nissan All New Livina VE AT 2019

Harga : Rp 249,9 juta

Kapasitas mesin: 1.500 cc 4 silinder

Tenaga maksimum: 104 dk

Torsi maksumum: 141 Nm

Penggerak : Roda Depan (Front Wheel Drive)

 

 

 

Foto: Awie, Danu

 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 
 
Rekomendasi

CarReview.id

    Otorider.com