Badai Masih Menerpa Nissan-Datsun, Berdampak PHK Karyawan

Badai Masih Menerpa Nissan-Datsun, Berdampak PHK Karyawan

Badai belum berlalu untuk Nissan Motor. Salah satu pabrikan mobil terbesar dari Jepang ini mengalami penurun profit mencapai 98,5 persen pada kuartal dua tahun 2019, seperti diberitakan Reuters, Kamis (25/7).

Disebutkan kalau Nissan hanya mencatatkan laba 1,6 miliar Yen (sekitar Rp 206,408 milyar) pada periode April sampai Juni 2019. Angka ini terburuk sejak kerugian terakhir mereka, pada Maret 2008.

Dampaknya, hal ini akan memaksa Nissan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sekitar 12.500 karyawanya (sekitar 7 persen) di seluruh dunia. 'Operasi' pemotongan jumlah karyawan ini akan dilakukan bertahap dari tahun 2020 sampai 2022 mendatang. Jumlah ini naik hampir tiga kali lipat dibanding pengumuman sebelumnya yang menyatakan PHK karyawan Nissan akan beradampak pada nasib 4.800 karyawan, Mei lalu.

 

Tidak hanya itu, CEO Nissan, Hiroto Saikawa juga memaparkan kalau mereka akan menghentikan atau mengurangi kapasitas produksi dari pabrik mereka sebesar 10 persen, juga untuk periode 2020-2022 yang akan berdampak banyak pada fasiliatas di luar wiayah Jepang.

Hal inipun diakui oleh perwakilan Nissan di Tanah Air. President Director PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi menyatakan beberapa langkah ini perlu diambil untuk menunjang keberlangsuangan perusahaan.

"Seperti yang disampaikan CEO Hiroto Saikawa saat press conference minggu lalu (Kamis, 25/7), ini adalah, sebagai bagian dari upaya kami untuk memperbaiki operasi dan efisiensi investasi. Kami mengambil tindakan untuk menghentikan atau mengurangi kapasitas di lini produksi di delapan lokasi," terangnya.


Hal ini diprediksi akan berdampak pada pabrik Nissan di Indonesia. Adapaun sejauh ini fasilitas produksi tersebut bertanggung jawab merakit kendaraan Datsun.

Saat ditanya seberapa besar dampaknya terhadap fasilitas produksi yang ada di Purwakarta, Jawa Barat tersebut, Sekiguchi-san mengaku belom tahu terlalu banyak. "Tidak ada detail spesifik yang dapat dibagikan saat ini,” ucapnya.

Jika menelisik ke belakang, ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan besar-besaran bisnis Nissan ini. Salah satu pasar terbesar mereka, Amerika Serikat mengalami penururan penjualan sampai 4 persen sepanjang tahun. Sementara itu pasar Nissan di Eropa terganggu oleh regulasi emsisi gas buang yang semakin ketat. Hal ini masih diperparah lagi dengan kasus 'penyelewengan dana' oleh bekas bos besar mereka, Carlos Ghosn yang merusak citra Nissan di kampung halamannya, Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com