Ketahui Cara Perawatan Jok Berbahan Kulit Sintetis

 Aditya Widiutomo    21 March, 2023
Tips

Bahan kulit sintetis kini kerap digunakan di berbagai jenis mobil sebagai media pembungkus jok.

Bahkan bahan jenis satu ini juga kerap dimanfaatkan bagi mobil-mobil yang interiornya mengalami modifikasi. Tak hanya modifikasi, kulit sintetis kini juga mulai digunakan sebagai standar pabrikan model mobil.

Rupanya, kulit sintetis menyimpan berbagai kelebihan. Salah satunya adalah praktis untuk dibersihkan.

"Membersihkan jok dengan kulit sintetis cukup mudah karena, jok kulit sintetis tidak perlu cairan khusus pelembab kulit secara rutin," ujar Stefanus selaku pemilik bengkel Lederwerk di kawasan Tangerang Selatan ketika diwawancarai.

Akan tetapi, penggunaan jok khusus mobil juga bisa diterapkan pada jok kulit sintetis. "Tapi tidak ada salahnya juga kalau mau pakai cairan khusus jok kulit," tambahnya.

Jika jok kulit sintetis terkena noda atau kotoran, Stefanus memberikan tips mudah untuk membersihkannya

"Cukup pakai sabun yang soft seperti sabun cuci piring, lalu gosok pakai sikat kecil," tutup Stefanus.

Namun ingat, saat membersihkannya jangan terlalu keras menyikat. Jika terlalu memaksakan maka permukaan kulit sintetik bisa saja rusak.

Untuk perawatan harian, juga mudah dilakukan. Pilih carian pembersih kulit yang tak terlalu tinggi kandungan alkoholnya. Satu hal yang tak bisa dihilangkan dari kulit sintetik adalah menurunnya kualitas warna. Jika dalam beberapa tahun pemakaian Anda mendapati warnanya memudar maka biasanya hal itu dikarenakan kualitas produk itu sendiri yang kurang bagus.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak19 April 2024TipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi18 April 2024TipsMobil Ditinggal Mudik? Waspada Flat Spot Pada Ban16 April 2024TipsMudik Gunakan Mobil Tanpa Ban Serep, Sudah Paham Cara Pakai Tyre Repair Kit?06 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaMasih Buatan India, Citroen C3 Aircross Akan Dirakit Di Indonesia1 jam laluDaftar HargaDaftar Harga MG Terbaru (April 2024)2 jam laluBeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun4 jam laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?20 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya21 jam laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit22 jam laluBeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun23 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas1 hari lalu