Efek Kalau Sering Telat Atau Tidak Ganti Oli Mesin Mobil

 Nabiel Giebran El Ri    03 August, 2023
Tips

OTODRIVER - Oli mobil merupakan bagian mobil yang harus diperhatikan dengan baik agar supaya kinerja setiap komponen mobil bisa menjadi ringan dan bekerja secara optimal.

Sangat penting untuk mengetahui kapan sebaiknya ganti oli mobil. 

Pabrikan mobil pun telah membuat interval penggantian oli yang wajib dipatuhi oleh para pemilik mobil.

Biasanya interval penggantian oli mesin setiap 5.000 km, 7.500 km, dan 10.000 km.

Hal ini bisa dilihat dari buku panduan pemilik atau pada buku servis berkala.

Nah, apa efeknya bagi mobil kalu sampai terlambat atau tidak mengganti oli sesuai waktu yang ditentukan?

“Efek dari tidak ganti oli ialah kemampuan pelumasan dari oli itu jadi tidak optimal,” buka Saiful Anwar, Service Manager Plaza Toyota Citeureup.

Hal ini terjadi karena seiring dengan pemakaian oli akan menerima sejumlah residu dari hasil proses pembakaran.

Residu ini bisa berupa serpihan metal dan kotoran sisa pembakaran yang terbawa oleh oli mesin.

“Akan banyak kerak karbon di oli akibat proses pembakaran di ruang mesin, lalu kerak ini akan membentuk endapan seperti lumpur dan oli akan jadi kental,” lanjut Saiful.

Kalau oli sudah terkontaminasi dan kemampuan pelumasannya sudah enggak oke bisa memberi efek buruk pada komponen yang ada di internal mesin.

"Kalau sudah sampai mengental dan pelumasannya sudah tidak maksimal, nanti ada gesekan antar komponen yang meningkat dan bisa merusak komponen internal mesin seperti piston, crankshaft, dan camshaft,” terang Saiful.

Indikasinya adalah suara mesin menjadi lebih kasar atau berisik.

"Oli mengental yang disebabkan terkontaminasi oleh kotoran akan membuat nosel dan saluran oli bisa tersumbat,” ungkap pria berdarah Sunda ini.

Kalau ini sampai terjadi bisa membuat tidak ada oli yang melumasi komponen bergerak di dalam mesin dan mempercepat keausan pada komponen-komponen tersebut. (NG)

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Berita4 Hal Yang Bikin Mobil Menggelitik, Nomor 4 Banyak Yang Belum Tahu18 December 2023BeritaProduksi Oli Palsu Banyak Di Pulau Jawa, Distribusinya Sasar Wilayah Sumatera hingga Aceh 25 August 2023BeritaAutochem Luncurkan Master Radiator Terbaru, Intip Keunggulannya17 August 2023TipsMasalah yang Bisa Dialami Pompa Oli Mesin Mobil02 August 2023

Trending

Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga MG Terbaru (April 2024)
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Tidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik

Berita Terbaru

BeritaBYD Resmikan Dealer Terbesar Mereka di Bekasi, Ini Lokasinya10 jam laluMobil ListrikTesla Model 3 Varian Performance Resmi Dirilis, 0-100 Tidak Sampai 3 Detik12 jam laluBeritaDaihatsu Jamin Model 2024 Aman dan Bebas Skandal Uji Tabrak16 jam laluKomparasiKomparasi Dimensi, Spesifikasi Mesin, Dan Harga Citroen C3 Aircross vs Rival20 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUBARU Terbaru (April 2024)21 jam laluBeritaFortuner Pelat Dinas TNI Palsu Arogan Menabrak Mobil Lain, Ketahui Lagi Fungsi Semestinya Towing Bar23 jam laluBeritaMazda 6 Lahir Kembali Di China Dalam Wujud EZ-61 hari laluMobil ListrikTidak Hanya Motor, Polytron Juga Mau Ikut Bikin Mobil Listrik1 hari lalu