6 Tips Merawat Ban Mobil Agar Lebih Awet

 Ahmad Biondi    09 March, 2023
Tips

Ban merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Karena dengan ban, mobil bisa berjalan hingga ribuan kilo meter.

Sementara itu jika sering digunakan, maka ban akan semakin cepat habis. Sebagai pemilik kendaraan, kita perlu mengetahui kapan batas waktu mengganti ban. Karena jika ban sudah tidak layak digunakan, maka akan membahayakan bagi penggendara.

Dalam lawatan OtoDriver ke Karawang untuk melihat performa ban GT Radial. Kami diberi informasi cara merawat ban dengan baik dan benar.

Ada enam langkah untuk merawat ban mobil, dan caranya tergolong mudah atau bisa dikerjakan sendiri. Berikut 6 tips merawat ban mobil versi GT Radial :

1. Pilih jenis dan ukuran ban yang tepat

Minta rekomendasi jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi Anda. Pastikan juga ban yang digunakan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan Anda.

2. Tekanan angin pada ban

Periksa tekanan angina minimal 1 bulan sekali. Tekanan angina yang kurang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada ban Anda. Tekanan angina yang berlebihan akan menyebabkan keausan yang tidak merata dan berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman.

3. Rotasi

Ban perlu dirotasi untuk mencegah keausan yang tidak merata, dan juga untuk memperpanjang umur pemakaian ban Anda. Lakukan rotasi setiap 7.500-10.000 km.

4. Balancing

Ban perlu dibalancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap pengantian ban baru, melakukan rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.

5. Spooring

Kendaraan Anda perlu dispooring secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring dilakukan setiap Anda merotasi ban, atau jika terjadi gejala-gejala seperti, kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara, dan ban aus sebelah atau tidak rata.

6. Penggantian ban baru

Tedapat TWI (Tread Wear Indicator) pada alur telapak ban. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, maka menunjukkan bahwa ban sudah saatnya diganti. Letak TWI pada ban ditujukkan dengan tanda segitiga pada dinding samping ban.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsPenyebab Tapak Ban Mobil Tak Habis Secara Merata2 hari laluBeritaGoodyear Indonesia Hadirkan Ban Khusus Mobil Listrik22 March 2024TipsMichelin: Ban Serep Tiga Bulan Sekali Cek Anginnya20 March 2024BeritaBan Michelin Untuk Indonesia Sudah Disesuaikan Spesifikasinya 18 March 2024

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana1 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?17 jam laluBeritaSyugo Watanabe Resmi Jadi Bos Baru Honda Indonesia. Hybrid Jadi Jembatan Ke Full EV18 jam laluBeritaCatat, Ada Tujuh Tol Fungsional Gratis Buat Mudik 202419 jam laluBeritaHSR Luncurkan Speedster, Pelek Khusus Mobil Berukuran Kecil19 jam laluBeritaDigeber Jakarta-Semarang, Segini Konsumsi BBM Toyota Agya20 jam laluBeritaKorlantas Polri: Operasi Ketupat Lancarkan Arus Mudik 202421 jam laluKomparasiKomparasi Tenaga Motor Listrik, Kapasitas Baterai, Serta Range Mercedes-EQ EQE vs BMW i522 jam lalu