Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

4 Langkah Mengecek Ban Mobil, Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

Salah satu komponen mobil yang sangat vital bagi keselamatan ialah ban. Apalagi ia satu-satunya komponen yang langsung menyentuh permukaan aspal dari sebuah kendaraan. Begini cara mengeceknya
Tips - Sabtu, 15 April 2023 06:00 WIB
Penulis : Ahmad Biondi


Salah satu komponen mobil yang sangat vital bagi keselamatan ialah ban. Apalagi ia satu-satunya komponen yang langsung menyentuh permukaan aspal dari sebuah kendaraan.

Untuk itu, penting sekali kita memeriksa ban sebelum mobil diajak berjalan jauh. Jika Anda tengah merencanakan mudik lebaran, ada baiknya memperhatikan ban. Presiden Direktur Bridgestone Indonesia Mukiat Sutikno dalam keterangan persnya mengatakan, keselamatan menjadi faktor penentu kelancaran bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi saat pulang ke kampung halaman.

"Untuk itu, kami mengajak seluruh pengguna kendaraan pribadi agar melakukan pengecekan ban sehingga berkendara menjadi lebih aman karena kondisi ban yang prima dapat mengurangi potensi timbulnya masalah saat perjalanan mudik," kata Mukiat.
 

Berikut langkah-langkah pengecekan yang tepat.

1. Rotasi ban
Melakukan rotasi ban adalah salah satu solusi merawat ban mobil agar perjalanan mudik lebih aman dan nyaman. Rotasi ban pada mobil memang disarankan untuk dilakukan secara rutin dengan jarak tertentu untuk menghindari terjadinya tingkat keausan ban yang tidak merata, yakni antara ban depan, belakang, maupun sisi kiri, dan kanan sehingga dapat memperpanjang usia pakai dari ban tersebut.

Biasanya, ban depan mobil lebih rentan mengalami gesekan dan bisa lebih cepat tipis jika tidak dirotasi secara berkala.

"Ban mobil ada empat. Keempatnya itu bekerja sama satu sama lain agar mobil dapat jalan lurus, selaras. Makanya perlu misalnya dilakukan rotasi secara berkala untuk melihat tingkat keausan, agar ban tetap bisa berfungsi maksimal," jelas Deputy Head Of OE Sales PT Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano.

2. Spooring dan balancing
Salah satu kerusakan ban yang sering tidak terdeteksi adalah keausan tread atau tapak yang tidak merata. Tekanan angin yang tidak tepat, masalah suspensi mobil serta roda yang tidak sejajar adalah beberapa faktor yang dapat mengakibatkan keausan tidak merata itu.

Spooring dan balancing yang dilakukan oleh teknisi ban terpercaya dapat menjadi solusi untuk mendeteksi dan mencegah kerusakan ban seperti ini menjelang perjalanan mudik ke kampung halaman.

BACA JUGA


3. Tekanan ban yang sesuai
Memastikan tekanan angin ban yang tepat sangatlah penting. Tekanan yang terlalu rendah dapat membuat pengendali mobil menjadi limbung pada kecepatan tinggi, serta mengurangi efisiensi BBM ketika berkendara.

Sebaliknya, tekanan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan ban terasa lebih keras serta aus lebih cepat pada bagian tengah. Periksalah tekanan angin ban menjelang perjalanan mudik dan pastikan sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan, yang dapat dilihat pada label yang ditempelkan di pilar pintu pengemudi atau buku manual kendaraan.

"Untuk keselamatan berkendara, pemilik mobil setidaknya perlu memastikan bahwa tekanan angin ban mereka sesuai. Kemudian cek kondisi ban, gundul atau tidak, lakukan rotasi dan periksa keselarasan roda atau wheel alignment," kata Fisa.


4. Ban dalam kondisi prima
Jika melihat adanya tanda-tanda kerusakan ban mobil seperti tapak yang mulai aus, timbul keretakan maupun benjolan pada dinding ban, serta sudah terlalu banyak tambalan akibat ban bocor, itu bisa jadi merupakan tanda-tanda ban perlu diganti.

Bila kerusakan-kerusakan itu terjadi, memaksakan berkendara dengan kondisi ban tidak prima dapat meningkatkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan selama perjalanan.


Tags Terkait :
Ban Brigestone
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
4 Langkah Mengecek Ban Mobil, Sebelum Dipakai Mudik Lebaran

1 tahun yang lalu


Berita
Beli Ban Bridgestone di IIMS Lebih Murah

2 tahun yang lalu


Berita
Bridgestone Fokus Memproduksi Ban Mobil Listrik Berteknologi Enliten, Apa Keunggulannya?

4 bulan yang lalu


Berita
Bridgestone Siap Pasarkan Ban Khusus Mobil Listrik, Termasuk Untuk Wuling Air EV

7 bulan yang lalu


Berita
Gunakan 15% Tenaga Robot, Bridgestone Bisa Produksi 30.000 Ban Perhari

7 bulan yang lalu


Berita
Bridgestone Luncurkan Ecopia EP300, Berikut Fitur Unggulannya

7 bulan yang lalu


Berita
Mulai Rp 1 Jutaan, Berikut Pilihan Ban Mobil Berbagai Merek untuk Toyota Fortuner

8 bulan yang lalu


Berita
Berikut Pilihan Ban Mobil Berbagai Merek untuk Mitsubishi Xpander, Mulai Rp 700 Ribuan

8 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

1 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

2 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

6 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

7 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

10 jam yang lalu