Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

Simpel, Begini Cara Menabung untuk Membeli Mobil

Melakukan perencanaan keuangan dan cadangan menjadi hal yang wajib dilakukan.
Tips - Selasa, 14 Juni 2022 12:00 WIB
Penulis : Afrizal Abdul Rahman


Membeli mobil atau upgrade ke model yang lebih baru adalah keinginan banyak orang. Anda termasuk? Tentunya untuk mencapai keinginan tersebut banyak hal yang harus diperhatikan, salah satunya perencanaan. 

Menurut Perencana Keuangan Karoline Cinti, untuk membeli mobil baru hal pertama yang harus diperhatikan yaitu perencanaan, penghitungan dan pengeluaran lain yang pasti terjadi dan akan memakan banyak waktu. 

"Memiliki mobil merupakan komitmen jangka menengah, biasanya dibutuhkan 2 sampai 5 tahun untuk memperoleh kendaraan , apakah untuk mengumpulkan uang dan membayar tunai, atau untuk membiayai nilai dan melunasinya dalam jangka panjang. Langkah pertama melibatkan menganalisis kemampuan untuk membayar, ketika melihat semua pengeluaran lain yang ada dalam anggaran pribadi, sebelum melakukan cicilan atau tabungan selama periode tersebut," katanya, seperti dikutip dari laman Terra, Selasa (14/6). 

BACA JUGA

Buat anggaran jangka panjang dan pendek

Menyiapkan anggaran dengan tujuan jangka pendek dan jangka panjang merupakan langkah mendasar bagi siapa saja yang ingin memulai perencanaan keuangan, apalagi yang ingin memiliki kendaraan baru seperti mobil. 

Anda harus mengidentifikasi bagaimana uang digunakan dan membuat penilaian pengeluaran saat ini untuk menetapkan tujuan pengeluaran. Tujuannya untuk mengumpulkan jumlah uang yang dibutuhkan untuk jangka panjang (membeli mobil). 

Jangan boros 

Hilangkan pengeluaran yang berlebihan dan simpan hanya yang Anda butuhkan. Kemudian lakukan kontrol dengan menempatkan jumlah yang tersisa dan selalu berusaha untuk mempertahankan pola tabungan, untuk dapat menyimpan uang bulanan. Selanjutnya Anda bisa mengecek setiap pengeluaran agar sesuai dengan jadwal yang telah dicanangkan. 

Dana darurat

Anda bisa membuat dana darurat dalam perencanaan keuangan dan itu sangat penting. Sebab, jika ada hal yang tak terduga sebelum pembelian kendaraan mencegah tabungan digunakan. Selain itu, dana darurat juga berfungsi untuk melakukan semua perawatan preventif dan mengambil asuransi untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Pada akhirnya, keputusan selalu bersifat individual, tetapi mengetahui apa yang harus dipertimbangkan, bagaimana menghitung, menunggu saat yang tepat dan mengetahui prioritas Anda, peluang untuk melakukannya dengan benar jauh lebih besar.


Tags Terkait :
Mobil Baru Tips Menabung Keuangan
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Untuk First Time Buyer Mobil Baru

1 tahun yang lalu


Berita
Beli mobil Akhir Tahun Banyak Untung, Lebih Banyak Diskon

1 tahun yang lalu


Berita
Emosional Boleh, Namun Beli Mobil Harus Rasional

1 tahun yang lalu


Berita
Ini Deretan Keuntungan Beli Mobil Baru Dibanding Mobil Bekas

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

2 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

3 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

4 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

6 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

19 jam yang lalu