Mika Lampu Anda Kusam? Kenali Penyebabnya

 Afrizal Abdul Rahman    07 November, 2022
Tips

Lampu menjadi komponen penting yang harus diperhatikan setiap pengguna roda empat, sebab memiliki peran vital saat berkendara terutama di malam hari yang memang membutuhkan pencahayaan yang optimal. 

Tetapi tak sedikit yang pernah mengalami masalah mika lampu yang menjadi pelindung berubah menjadi kusam. Tentunya kondisi ini sangat menganggu. 

Namun apakah Anda tahu penyebab mika menjadi cepat kusam? Ternyata salah satunya dari pemilihan teknologi lampu itu sendiri. 

"Penyebab mika lampu sering kusam itu bisa karena menggunakan HID (High Intensity Discharge)," kata Fendi, Sales Ayoto kepada OtoDriver.com di IMOS 2022, baru-baru ini. 

Seperti diketahui pencahayaan HID berasal dari pengapian gas Xenon yang ada di dalam tabung. Hal ini membuat intensitas cahaya lebih terang dari teknologi lainnya. 

"HID itu membutuhkan daya yang tinggi, dan tak jarang yang mudah kebakar, ketika cahya lebih terang dari biasanya itu bisa menyebabkan kusam. Artinya menggunakan teknologi yang dianjurkan pabrik itu yang terbaik," tambahnya. 

Selain teknologi, ada hal lain yang menyebabkan mika lampu menjadi cepat kusam yakni paparan sinar matahari. Paparan yang terus menerus akan memberikan efek negatif. 

"Kedua itu karena sering terpapar sinar matahari, jadi pastikan untuk tidak terus terpapar agar tidak menimbulkan kusam pada mika," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam lalu

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu