Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Tips

Apa Bedanya Coating Sapphire Serum dan Ceramic Serum?

Saat ini coating menjadi kebutuhan utama para pemilik mobil. Coating dianggap mampu melindungi cat original pabrikan mobil serta memberikan efek kilap pada permukaannya.
Tips - Kamis, 27 Juni 2019 09:00 WIB
Penulis : Brian


Saat ini coating menjadi kebutuhan utama para pemilik mobil. Coating dianggap mampu melindungi cat original pabrikan mobil serta memberikan efek kilap pada permukaannya. Serum pada coating pun saat ini terdapat dua jenis, Sapphire Serum dan Ceramic Serum. Apa beda dari kedua serum coating tersebut?

Presiden Direktur Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian mengatakan, Sapphire Serum merupakan bahan kimia yang sama seperti bahan kaca jam tangan. "Kaca ini semua awalnya dari cairan kimia, nah teknologi ini yang kami pakai," ujar Christopher di Jakarta, Selasa (25/6).

BACA JUGA

Foto : Brian

"Sapphire Serum kami memiliki kekuatan 9H+5MOHS, kenapa ada MOHS karena kami ada satuan kaca pada serum," ujar Christopher.

Sementara Ceramic Serum menggunakan material yang berbahan dasar silika dengan tingkat kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan pelindung cat mobil. Sehingga membuat kotoran, debu, dan residu akan sulit masuk ke dalam pori-pori cat mobil. Hal ini lah yang membuat nano ceramic menjadi lebih tahan lama untuk melindungi cat mobil.

Bahan atau cairan tersebut nantinya akan diaplikasikan kepada permukan cat serta adanya penambahan stiker-stiker film di ujung pintu mobil. Sehingga nantinya perlindungan pada cat mobil anda akan lebih maksimal dan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

"Kalau Ceramic, mungkin sudah banyak tahu seperti yang banyak digunakan bengkel coating diluar sana. Kalau kualitas lebih bagus Sapphire karena harga jual juga lebih mahal," ungkap Christopher.

Topcoat sebagai distributor pun mengklaim saat ini di Indonesia belum ada yang menggunakan Sapphire Serum. Sapphire Serum juga dianggapnya menjadi generasi terbaru akan cairan coating setelah Ceramic.


Tags Terkait :
Tips Coating
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
4 Langkah Membuat Mobil Tetap Prima di Musim Hujan

2 tahun yang lalu


Tips
4 Langkah Merawat Mobil Berwarna Hitam Agar Warna Tetap Prima

2 tahun yang lalu


Tips
Mobil Masih Jarang Dipakai? Ini Cara Mudah Jaga Kondisi Eksteriornya

4 tahun yang lalu


Berita
Kaca Film Satu ini Rela Buka Pusat Pelatihan di Indonesia

4 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

1 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

2 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

3 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

5 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

18 jam yang lalu