Pemerintah Menargetkan 200.000 Unit Kendaraan Elektrifikasi Terjual Setiap Tahunnya

 Ahmad Biondi    15 February, 2024
Mobil Listrik

OTODRIVER - Penjualan mobil listrik di Indonesia mengalami kenaikan setiap tahunnya. Pada awal tahun ini juga terlihat semakin banyak line up mobil listrik yang hadir di Indonesia. Hal tersebut juga dipengaruhi banyaknya produsen baru yang datang.

Dalam hal ini Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, memang saat ini pasar elektrifikasi Indonesia sekitar 80 ribu unit, termasuk untuk segmen hybrid dan yang paling laris tentu saja Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid.

"Tentu kita berharap bisa meningkat ke 200 ribu unit setahun, targetnya untuk seluruh EV (BEV, HEV, dan PHEV)," jelas Airlangga, kepada media nasional beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk pasar otomotif nasional secara keseluruhan, akan meningkat hingga 1,1 juta unit. Sedangkan untuk segmen elektrifikasi, termasuk BEV, HEV, dan PHEV, menyumbang sekitar 15 hingga 18 persen pangsa pasar.

Hyundai Ioniq 5 menjadi salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia

"Akan ada pergantian yang beli ICE (internal combusition engine) ke EV, mungkin market meningkat 1,1 juta unit," tegasnya.

Sementara itu, Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil listrik di Indonesia pada 2023 hanya mencapai 17.051 unit, sedangkan mobil hybrid 54.179 unit, sehingga total penjualan mobil listrik dan mobil hybrid di Indonesia pada 2023 adalah 71.230 unit.

Airlangga mengatakan bahwa dua faktor utama untuk mendorong pasar mobil listrik di Indonesia adalah harga yang kompetitif dan modernisasi kendaraan. Menurutnya, dengan dua faktor ini, pasar mobil listrik di Indonesia akan tumbuh pesat. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Mobil ListrikPenjualan Tesla Lebih Buruk Dari Pandemi, Apa Masalahnya?1 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya1 hari laluMobil ListrikHyundai Gandeng Exide Untuk Memproduksi Baterai Mobil Listrik09 April 2024Tips3 Hal Terpenting Yang Perlu Diketahui Ketika Ingin Mudik Menggunakan Mobil Listrik03 April 2024

Trending

BYD Luncurkan Blade Baterai Gen 2 Bulan Agustus Nanti, Ini Keunggulannya
500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Sukses Jualan EV9, KIA Segera Rilis EV3,EV5 dan Belasan EV Lainnya
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Suzuki Jimny Sodorkan Godaan Berwujud Pikap

Berita Terbaru

BeritaNissan Silvia Bakal Terlahir Kembali Sebagai Sebuah EV?6 jam laluBeritaGeber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?9 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Toyota All New C-HR (Euro NCAP)11 jam laluBeritaToyota Hilux EV Dipamerkan Sebagai Angkot20 jam laluBeritaMercedes-EQ EQS Facelift Meluncur, Jarak Range Tembus 822 Km1 hari laluMobil ListrikPenjualan Tesla Lebih Buruk Dari Pandemi, Apa Masalahnya?1 hari laluBeritaPresiden AS Diminta Boikot EV China, Ini Alasannya1 hari laluBeritaJasa Marga: Kurang Saldo E-Toll Tidak Bisa Pinjam Kartu Lain1 hari lalu