Mencoba Buasnya Performa Nissan Ariya, 0-100 Cuma 5 Detikan

 Ahmad Biondi    22 February, 2024
Mobil Listrik

OTODRIVER - Nissan tidak mau tinggal diam di tengah gempuran mobil-mobil listrik yang mulai banyak hadir di Indonesia.

Setelah lama menjual Nissan LEAF sebagai mobil listrik mereka, kali ini Nissan Indonesia memberi kesempatan awak media untuk mencoba dua unit mobil listrik dalam rangkaian perkenalan kedua model. Adapun model yang dimaksud ialah Nissan Ariya dan Nissan Sakura.

Kali ini, kami ingin berbicara tentang Ariya dulu. Karena sebelumnya, kami sudah menjumpai mobil ini di Japan Mobility Show (JMS) 2023 bulan Oktober silam, dan memang mobil ini terlihat futuristik sekali.

EV flagship dari Nissan yang sudah dijual secara massal di Jepang ini, punya panjang 4.595 mm, lebar 1.850 mm, serta tinggi 1.655-1.665 mm. Lalu jarak sumbu rodanya mencapai 2.775 mm. 

Nissan Ariya punya desain yang begitu futuristik

Ariya menggunakan platform CMF (Common Module Family) yang dikembangkan bersama aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi.

Berbicara baterainya, Ariya ditawarkan dengan dua kapasitas baterai, 63 kWh dan 87 kWh. Baterainya menggunakan Lithium-ion, liquid-cooled, dengan posisinya ada di bawah lantai. Adapun jarak tempuh terjauh yang bisa dilewati mobil ini mencapai 304 miles atau 490 km.

Soal performa, Ariya bisa menghasilkan tenaga 214 hp hingga 238 hp. Sementara torsinya sangat besar, hingga 300 Nm. Pilihan sistem penggeraknya ada FWD (Front Wheel Drive) dan AWD (All Wheel Drive).

Kami beruntung mencoba tipe tertinggi dan merasakan langsung performanya. Dari 0-100 km/jam, OtoDriver berhasil mencatatkan angka 5,6 detik. Hanya selisih sedikit dibanding klaim pabrikan yang mencapai 5,1 detik. Hasil kami lebih lambat, salah satu faktornya ialah satu mobil ditumpangi tiga orang.

Interior Nissan Ariya

Namun demikian, belum ada informasi mengenai kapan mobil ini akan dijual massal di Indonesia. Julion Olmon selaku Head Of Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) mengatakan, "Ariya masih sebatas perkenalan saja, kita mau lihat impresi dari para pengguna termasuk rekan-rekan media, untuk waktunya kapan dijual belum bisa dipastikan," jelasnya. (AB) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaNissan Silvia Bakal Terlahir Kembali Sebagai Sebuah EV?5 hari laluBeritaNissan Kerja Sama Dengan Mitsubishi Bikin Penerus Nissan Frontier02 April 2024Mobil ListrikNissan Bakal Jual 16 Mobil Listrik di 202629 March 2024BeritaNissan Kicks Generasi Terbaru Resmi Debut Dunia25 March 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion

Berita Terbaru

BeritaLebaran Tahun Depan, Contra Flow Untuk Jalan Tol Akan Dikawal “Safety Car”43 menit laluBeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV12 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce17 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan19 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion21 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 23 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari lalu