Bukan BMW Apalagi Hyundai, Inilah Pesaing Sesungguhnya Tesla di Pasar EV

 Ahmad Biondi    23 January, 2023
Mobil Listrik

Jika Anda mengenal Tesla sebagai salah satu pelopor mobil listrik. Di kawasan ASEAN, seharusnya Anda juga mengenal VinFast yang sejak lama sudah memamerkan mobil listrik versi jalan raya.

Sebagai kompetitor terkuat Tesla di Vietnam, VinFast bahkan rela menyesuaikan harga mobil mereka agar tetap bersaing dan mampu mencuri perhatian konsumen Tesla.

Seperti dilansir Reuters, VinFast yang mulai beroperasi pada 2019, bersiap untuk ekpansi ke Amerika Serikat. Pabrikan asal Negeri Naga Biru ini berharap dapat bersaing dengan pembuat mobil besar asal Negeri Paman Sam, dengan mengandalkan dua model, yaitu VF8 dan VF9.

Kedua model listrik tersebut, ditawarkan dengan banderol US$ 59 ribu atau Rp 800 jutaan dan US$ 83 ribu atau Rp 1,2 miliar. Sedangkan pesaingnya, Tesla menawarkan Model Y dengan harga dasar US$ 52.990 setara Rp 790 jutaan yang turun dari US$ 65.900 di pasar Amerika Serikat.

"Sebagai merek baru yang memasuki pasar, ketika merek lain menurunkan harganya, kami harus melakukan promosi untuk memastikan daya saing VinFast," ujar Juru Bicara VinFast, dalam sebuah pernyataan resmi.

"Kami sedang mempertimbangkan banyak program promosi, dan akan segera mengumumkannya," tambahnya.

Sementara itu, pernyataan VinFast ini tidak merinci secara detail, apakah promosi yang dimaksud mencakup pemotongan harga.

VinFast sendiri telah mulai melakukan pengiriman gelombang pertama kendaraan listriknya sebanyak 999 unit ke Amerika Serikat, pada November 2022 lalu. Kemudian, akan dilanjutkan dengan mengirimkan ke pelanggan pada Januari 2023.

VinFast sendiri telah mengatakan sudah mendapatkan hampir 65 ribu pemesanan secara global, dan berharap dapat menjual sebanyak 750 ribu unit EV setiap tahun pada 2026.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya17 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas20 jam laluBeritaMudik In Style 2024, Mengencani KIA EV9 Saat Libur Lebaran, Mobil Termahal Dalam Event Kali2 hari laluBeritaGWM Tank 300 PHEV Meluncur Di Beijing Auto Show 20243 hari lalu

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaBeli Citroen C3 Aircross, Gratis BBM Selama 1 Tahun46 menit laluBeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?16 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya17 jam laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit18 jam laluBeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun19 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas20 jam laluBeritaFirst Drive: GWM Tank 300 Hybrid. A Game Changer?21 jam laluBeritaInilah Ragam Keseruan di Motomobi News Karnaval 202423 jam lalu