Perang Harga Mobil Listrik Terjadi di China, Apa Penyebabnya?

 Ahmad Biondi    18 November, 2022
Mobil Listrik

Untuk membuatnya lebih bersaing dan memudahkan konsumen dalam membeli model terbarunya. Mercedes-Benz resmi memangkas harga beberapa model EQE dan EQS di China.

Seperti dilansir Reuters,  Indeks mobil dan suku cadang Eropa (SXAP) turun 4,06 persen yang menyoroti tantangan bagi pembuat mobil asing yang berjuang untuk masuk ke pasar mobil listrik China yang tengah tumbuh.

Penjualan kendaraan listrik di Negeri Tirai Bambu naik 110 persen tahun ini, sebuah laporan dari Goldman Sachs. Kenaikan ini didukung dengan insentif seperti keringanan pajak.

Namun, beberapa analis memperkirakan, perang harga dalam beberapa bulan mendatang bisa terjadi, dengan penjualan di seluruh industri diproyeksikan melambat di tengah melemahnya konsumsi dan persaingan yang semakin ketat.

Tidak hanya Mercedes-Benz, merek kendaraan listrik China, Aito yang diluncurkan oleh Huawei dan Seres Group, menurunkan harga jualnya pada akhir Oktober 2022. Sedangkan Tesla, memangkas harga hingga 9 persen.

Sementara itu, penjualan empat kendaraan listrik yang terkena dampak pemotongan harga Mercedes-Benz menyumbang 3 persen dari total penjualan di China dalam delapan bulan pertama 2022.

Harga model EQE dipotong 9 persen, dan harga limosin mewah EQS diturunkan 11 sampai 22 persen.

"Segmen kendaraan listrik kelas atas di China masih berkembang. Mercedes-Benz sedang memposisikan ulang model EQ tertentu di China," kata seorang juru bicara Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz sendiri akan menawarkan subsidi melalui diler kepada konsumen yang membeli mobil tersebut sebelum penyesuaian harga.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaTak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia23 January 2023BeritaMercedes-Benz akan Hapus Branding EQ pada Mobil Listriknya23 January 2023Daftar HargaDaftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Januari 2023)22 January 2023BeritaMercedes-Benz CLA-Class Mendapatkan Facelift20 January 2023

Trending

Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan
Subsidi Mobil Listrik Luar Biasa, Tapi Bisa Timbulkan Masalah

Berita Terbaru

Used CarHarga Bekas Tetap Gagah, Pajero Sport Generasi II Siap Jadi Pilihan4 jam laluBeritaBukan Indonesia, Toyota Hadirkan Innova Diesel Terbaru untuk Negara Ini5 jam laluBeritaIndustri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor8 jam laluBeritaTampilan Mobil Listrik Sedan dari Xiaomi Bocor, Begini Bentuknya9 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUV Ladder Frame (Januari 2023)10 jam laluFirst DriveTes Lengkap: Mazda 2 Sedan 202211 jam laluBeritaDFSK Rilis Program Terbangkan Mekanik Ke Seluruh Indonesia12 jam laluBeritaHasil Tes Akselerasi 0-100 Honda WR-V VS Toyota Raize Turbo13 jam lalu