Mercedes-Benz Rencanakan Produksi Mobil Listrik di Dalam Negeri

 Ahmad Biondi    11 December, 2022
Mobil Listrik

Mercedes-Benz akhirnya merilis dua mobil listrik pertamanya untuk pasar Indonesia. EQ Series kini memegang mobil listrik dengan jangkauan terjauh yang dijual di Tanah Air.

Namun demikian, EQ Series dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Termurahnya saja Rp 2,21 miliar, kemudian Rp 2,98 miliar dan AMG Line di angka Rp 3,41 miliar.

Hal tersebut membuat pihak Mercedes-Benz berencana untuk memproduksi mobil listrik tersebut secara lokal agar lebih bersaing dan memiliki harga yang lebih terjangkau.

Perusahaan asal Jerman ini memiliki rencana untuk mendirikan fasilitas produksi secara lokal.

Presiden Direktur Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), Choi Duk Jun mengatakan ini merupakan langkah awal melakukan penetrasi di segmen EV (Electric Vehicle). Bahkan mereka berkomitmen untuk tidak akan lagi mengembangkan mobil bermesin pembakaran internal selepas tahun 2025.

"Kami sekarang masih bersiap-siap untuk itu dan menantikannya. Kami juga telah menyiapkan dana untuk melanjutkan pengembangannya lebih dalam," ujar Choi Duk Jun di Jakarta Selantan.

Adit

Perusahaan yang memproduksi mobil mewah ini diketahui telah menyiapkan dana sebesar 10 miliar Euro atau sekitar Rp 164 triliun untuk diinvestasikan dalam perkembangan kendaraan listrik. Rencana tersebut nantinya akan dilanjutkan pada tahun 2060 mendatang, seiring permintaan konsumen terhadap mobil listrik.

Dalam kesempatan yang sama, Deputy Director Sales and Marketing PT MBDI Hari Arifianto menambahkan pihaknya telah meyakinkan untuk mobil listrik EQ series ini bisa diproduksi secara lokal, dan sangat mungkin terjadi. Namun, saat ini mereka masih tengah melakukan beberapa studi dan persiapan sebelum menuju tahapan produksi di Indonesia.

"Kami masih studi produksi (mobil listrik) dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukannya, karena kan produksi lokal kami mesti ada tahapan seperti studi kelayakan, perizinan dan segala macam," tambah Hari. Untuk menunjukkan keseriusan dalam kendaraan elektrifikasi, perusahaan yang kerap disingkat Mercy ini berencana akan kembali menghadirkan tiga mobil listrik model EQ series di tahun depan. Salah satu dari kendaraan tersebut akan dibanderol lebih murah.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMercedes-Benz akan Hapus Branding EQ pada Mobil Listriknya23 January 2023BeritaMercedes-Benz Memprediksi Krisis Semikonduktor Berakhir Semester 1 202224 February 2022BeritaMercedes-Benz Indonesia Tarik Beberapa Model Untuk Perbaikan Airbag, Termasuk Mobil Anda?18 February 2022BeritaMercedes-Benz S-Class dan E-Class CKD Tak Terdampak Krisis Semikonduktor05 November 2021

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien4 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China5 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 20246 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak7 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri19 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara22 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik1 hari lalu