FIRST DRIVE: All New Daihatsu Alya 2023

 Afrizal Abdul Rahman    13 March, 2023
First Drive

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) belum lama ini resmi memperkenalkan All New Ayla di Tanah Air, dan secara resmi mengumumkan harganya pada pagelaran pameran Gaikindo Jakarta Auto Week 2023.

Berada di kelas Low Cost Green Car (LCGC), terdapat berbagai perubahan yang ditawarkan, bahkan bisa dibilang perubahan ke generasi kedua ini naik kelas daripada generasi terdahulu.

Tim OtoDriver.com berkesempatan menjajal mobil ini pada ajang GJAW dan sudah tayang di laman resmi YouTube. Lantas apa saja perubahan dan bagaimana rasa berkendaranya? Yuk simak di bawah ini.

Desain interior dan eksterior

Desain eksterior yang diimplementasikan untuk sebuah City Car ini sangat modern, terlihat dari bahasa desain lampu depan yang sudah LED, dan yang paling menarik itu pemberian aksen hitam di beberapa bagian depan, termasuk grill, serta aksen karbon di bagian bumper depan membuat tampilan Ayla terbaru lebih sporty dan dinamis.

Hadir dengan alloy wheel 14 inch, mobil ini dari tampak samping juga terlihat aerodinamis dengan lekukan yang dihadirkan. Apalagi pada bagian belakang yang juga disematkan garis membuatnya lebih maskulin.

Beralih ke sisi interior, Ayla generasi terbaru  ini terlihat sporty dengan mode advance feeling yang dapat memberikan sensasi berkendara yang fun to drive, ditambah kabin yang luas membuat kenyamanan tersendiri.

Masuk pada bagian belakang lebar dimensinya juga cukup luas dan head roomnya masih cukup luas. Untuk bagian belakang memang lebih lebar dari gen terdahulunya membuat mobil ini sangat nyaman.

Pada bagian depan secara desain memiliki tampilan yang atraktif, dari sisi dasbor sekilas mirip dengan beberapa model Daihatsu lainya serta instrumen cluster yang lebih menarik meski masih analog. Untuk head unitnya di desain kekinian bak mobil modern pada umumnya, apalagi disertai dengan pengingat ganji-genap. Serta sudah tersambung dengan Apple Carplay dan Android Auto.

Fitur 

Dari sisi fitur keselamatan New Ayla dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Safety Seat Belt Reminder untuk pengemudi dan penumpang, HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa waktu, serta VSC (Vehicle Stability Control) yang berfungsi menjaga kestabilan kendaraan selama melaju dengan mendeteksi dan mencegah kondisi tergelincirnya ban mobil (oversteer dan understeer) di area berbelok.

Rasa Berkendara 

Generasi terbaru Daihatsu Ayla ini telah ditopang platform baru, Daihatsu New Global Architecture (DNGA), sehingga memiliki berbagai keunggulan seperti teknologi terkini, berkualitas tinggi, harga terjangkau, dan lebih efisien.

Kami berkesempatan menjajal mobil ini meski tak dalam waktu yang lama, namun impresi berkendara pertamanya memang lebih baik dari gen sebelumnya dan terasa sangat premium. Getaran mesin nya juga tak begitu terasa bahkan paling minim untuk dikelasnya. 

Di samping itu Ayla baru ini dibekali dengan 2 pilihan mesin baru, yakni 1.2L WA-VE, dan 1.0L VVT-i yang siap memberikan akselerasi responsif dengan standar EURO 4, sehingga lebih ramah lingkungan.

All New Ayla juga dilengkapi dengan transmisi D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission), membuat akselerasi kendaraan lebih halus dan bahan bakar yang lebih efisien.

Kelebihan lainya Ayla hadir dengan torsi yang melimpah sehingga membuat power mesin lebih baik dan berimbas pada bahan bakarnya juga yang lebih baik. Selain itu dari sisi suspensi memang baik meski kami hanya mencoba pada kecepatan 30 km/jam, body roll juga tergolong minim artinya jauh lebih baik.

Kesimpulan 

Kesimpulan kami All New Astra Daihatsu Ayla yang  dibanderol mulai dari Rp132 juta-189,9 juta ini berubah signifikan dari gen terdahulunya, memang tak bisa dipungkiri terdapat kenaikan harga tetapi masih sebanding dengan apa yang dihadirkan.

kesimpulan berbuah signifikan, fitur sehingga kami merasa naik kelas, memang tidak bisa dipungkiri kenaikan harga, tp sebanding dengan apa yg didapatkan.
 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV6 menit laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce4 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan6 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion8 jam lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

BeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV6 menit laluBeritaMudik In Style 2024: Mudah Menjelajah Garut dan Cipanas Dengan Mitsubishi XForce4 jam laluBeritaYLKI: Isi Daya Mobil Listrik Arus Mudik Dan Balik Tidak Ada Keluhan6 jam laluBeritaIndonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion8 jam laluMobil ListrikHanya Dalam 4 Bulan, Tesla Cybertruck Lampaui Prestasi Setahun GMC Hummer EV 10 jam laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 1 hari laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien1 hari laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China1 hari lalu