FIRST DRIVE: Subaru Forester 2022

 Aditya Widiutomo    07 June, 2022
First Drive

Subaru Indonesia comeback ke pasar Indonesia. Kami pun berkesempatan untuk melakukan first drive model pertama yang dipasarkan kembali, yakni Forester.

Yang pertama kami lihat adalah bagian eksteriornya. Kesan yang dihasilkan mobil ini tentu sebuah SUV yang cukup maskulin meski secara tampilan bisa dikatakan kurang up to date jika dibandingkan para rivalnya, seperti Honda CR-V ataupun Hyundai Santa Fe.

Langsung saja kita masuk ke bagian interiornya. Hal yang pertama langsung terasa adalah visibilitanya yang sangat baik. Posisi dasbor rendah, ukuran pilar A cukup kecil sehingga minim blindspot. Fitur-fiturnya juga cukup mumpuni, seperti jok electric, electric parking brake dengan auto hold, sunroof yang berukuran cukup besar, dll. Bulit material bagian interior juga kami nilai baik.

Langsung saja kita jalankan mobil ini. Hal yang langsung terasa adalah bantingan suspensi yang baik untuk seukuran medium SUV. Peredamannya baik dan handlingnya juga patut diacungi jempol ketika berada di kecepatan tinggi. Mungkin hal ini lantaran mesin berkonfigurasi boxer yang diklaim memiliki center of gravity yang baik.

Adit

Kendati demikian, hal yang tidak terlalu istimewa adalah tenaga mesinnya. Subaru Forester yang hadir di Indonesia ditenagai oleh mesin 2.000 cc 4 silinder boxer dengan tenaga 152 dk dan torsi 196 Nm. Mesin ini lantas berpadu dengan transmisi otomatik CVT dan mengalirkan semua tenaganya ke 4 roda khas Subaru. Dan memang saat menekan pedal gas penuh mobil ini, tidak ada yang terasa istimewa dari tenaga mesinnya.

Tetapi, fitur yang terasa canggih di Forester adalah Subaru Eyesight. Apalagi soal fitur Adaptive Cruise Control dipadukan dengan Lane Departure Warning, dan Lane Keeping Assist yang kinerjanya halus dan baik. Fitur ini kami nilai mumpuni untuk digunakan di situasi kota-kota besar di Indonesia.

Kesimpulan

Well, perlu diakui Subaru Forester tidak begitu catchy dari segi tampilan apalagi jika disandingkan dengan para kompetitornya. Tenaga mesin pun terasa tidak begitu istimewa tetapi masih mumpuni. Akan tetapi, rasa suspensi serta fitur radar Eye Sight sukses membuat kami takjub dan kami menilai karakter suspensinya terbaik di kelasnya.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Fitur lengkap
  3. Pandangan luas

Kekurangan

  1. Tenaga mesin tidak istimewa
  2. Desain eksterior kurang up to date

Spesifikasi

Subaru Forester S Eye Sight

Harga: Rp 659,5 juta

Kapasitas mesin: 2.000 cc 4 silinder Boxer

Tenaga maksimum: 152 dk

Torsi maksimum: 192 Nm

Penggerak: Empat roda

Foto Tambahan

Adit

Adit

Adit

Adit

Otodriver

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

Mobil ListrikSubaru Akhirnya 'Main' Listrik. Ini Petunjuknya 24 March 2024BeritaSubaru Berikan Diskon Jasa Service Hingga Ganti Spare Part Hingga 9 April 202420 March 2024BeritaSubaru Hadirkan Jagoan-Jagoannya di 6 Kota Besar Pada BCA Expoversary 202401 March 2024BeritaHarga Subaru BRZ Improvement 2024 Resmi Diumumkan 16 February 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Toyota Startlet Reborn Bakal Berwujud Mobil Listrik

Berita Terbaru

BeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri2 jam laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara5 jam laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC10 jam laluBeritaTransaksi di SPKLU Naik Drastis Selama Musim Arus Mudik Dan Balik12 jam laluBeritaSPY SHOT: BYD Double Cabin Terlihat Lebih Jelas13 jam laluTipsPasca Mobil Dibawa Mudik, Hal Ini Kerap Terjadi14 jam laluBeritaJasa Marga: Arus Balik 1,3 Juta Kendaraan Masuk Jabodetabek16 jam laluCrash TestVIDEO: Crash Test Mitsubishi Triton Generasi Terbaru (ANCAP)16 jam lalu