FIRST DRIVE: Honda HR-V 2022

 Aditya Widiutomo    30 May, 2022
First Drive

Honda HR-V generasi terbaru merupakan salah satu model yang fenomenal di Indonesia. Bagaimana tidak, generasi terdahulunya adalah pemegang penjualan di segmennya.

Tentu di generasi terbarunya, tentu banyak sekali perubahan pada mobil ini yang benar-benar menyeluruh. Karena Anda semua sudah mengetahui seperti apa desainnya, kami langsung saja membahas bagaimana rasa berkendara mobil ini.

Adit

Saat menyandarkan badan di joknya, terasa posisi berkendara HR-V masih sangat menyenangkan. Setir bisa diatur secara teleskopik, jok bisa diatur tinggi, rendah, maju, dan mundur dengan leluasa meski masih secara manual bahkan untuk tipe tertingginya, yakni tipe RS sekalipun.

Kami mencoba tipe RS terlebih dahulu. Rasanya mobil ini mendapatkan improvement yang tidak menyisakan kekurangan dari tipe terdahulunya. Kekedapan kabin lebih baik, bantingan suspensi terasa baik dengan gejala body roll yang cukup minim tapi tetap terasa halus, serta tenaga mesin yang terasa buas.

Bahkan kami pun melakukan pengetesan drag race dengan jarak 402 m. Dikomparasikan dengan HR-V Prestige 1.8l generasi sebelumnya, catatan waktu HR-V RS jauh lebih baik. HR-V bermesin turbo ini sanggup mencatatkan waktu terbaiknya 16,874 detik sedangkan HR-V Prestige di angka 19,003 detik.

Kami juga mengetes HR-V tipe SE yang merupakan produk unggulan Honda saat ini karena memiliki harga yang kompetitif di kelasnya. Untuk bantingan tentu masih sama dengan tipe RS akan tetapi kami mengisi ruang kabinnya dengan 4 orang penumpang. Dan hasilnya, tidak ada gejala suspensi yang lemah sama sekali.

Untuk karakter mesinnya memang mungkin tidak terasa bertenaga layaknya HR-V tipe RS. Tetapi kami merasa performanya masih cukup mumpuni apalagi dibantu dengan girboks otomatik CVT terbaru-nya.

Tetapi, memang ada beberapa kelemahan yang kami temukan di mobil ini, seperti penutup panoramic sunroof yang dioperasikan secara manual dan kualitas audio yang biasa saja di semua varian HR-V.

Kesimpulan

Honda HR-V generasi terbaru memang menjadi ancaman di segmennya dengan segala kelebihannya. Selain desain yang berubah sangat menyeluruh, rasa berkendara serta fitur pada mobil ini juga benar-benar membaik dibandingkan generasi lawas. Tidak sampai disitu, pilihan trim HR-V juga cukup variatif.

Kelebihan

  1. Bantingan suspensi baik
  2. Fitur lengkap
  3. Performa mumpuni

Kekurangan

  1. Kualitas audio biasa saja untuk semua trim
  2. Penutup atap panoramic masih secara manual

Spesifikasi

Honda HR-V

Harga: Tipe RS: Rp 513,9 juta Tipe SE: Rp 403,1 juta

Kapasitas mesin: Tipe RS: 1.500 cc 4 silinder turbo, Tipe E: 1.500 cc 4 silinder NA

Tenaga maksimum: Tipe RS: 177 PS Tipe E: 121 PS

Torsi maksimum: Tipe RS: 240 Nm Tipe E: 145 Nm

Penggerak: Roda depan

Foto tambahan

Adit

adit

Adit

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit15 jam laluBeritaMudik In Style 2024: Pulang Kampung Ke Yogyakarta Irit Bertenaga Dengan Honda CR-V RS e:HEV4 hari laluBerita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 5 hari laluBeritaHonda Kenalkan Sub-Brand Khusus EV Di Cina, Langsung Pamer 3 Mobil Konsep Baru17 April 2024

Trending

Indonesia Resmi Jadi Negara Perakit Mobil GAC Aion
Daftar Harga BYD Terbaru (April 2024)
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
GWM Tank 300 Penantang Terkuat Fortuner Dan Pajero Sport?
Chery Luncurkan SUV Hybrid Yang Diklaim Memiliki Jarak Tempuh 1.500 KM, Ini Spesifikasinya

Berita Terbaru

BeritaOmoda E5 Tabrak Tembok Di Mall, Mungkin Ini Penyebabnya?13 jam laluBeritaAda Apa Saja di Periklindo Electric Vehicle Show 2024? Ini Bocorannya14 jam laluBeritaSUV Honda Laris Manis Selama Lebaran, BR-V Sampai HR-V Laku Ribuan Unit15 jam laluBeritaKalah Pamor Dengan SUV, Subaru Legacy Selesai Setelah Berkiprah 36 Tahun16 jam laluBeritaFirst Drive : GWM Poer Sahar PHEV, Pikap Mewah Nan Buas17 jam laluBeritaFirst Drive: GWM Tank 300 Hybrid. A Game Changer?18 jam laluBeritaInilah Ragam Keseruan di Motomobi News Karnaval 202420 jam laluDaftar HargaDaftar Harga WULING Terbaru (April 2024)21 jam lalu