Industri Otomotif India Seriusi Uji Tabrak, Wajibkan BNCAP

 Erie W. Adji    11 January, 2024
Crash Test

OTODRIVER - Mulai tanggal 15 Desember 2023, setidaknya tiga lusin model maupun varian mobil terbaru dari sejumlah merek yang umumnya bersal dari Jepang, Korea Selatan, dan juga India sendiri masuk daftar tunggu untuk uji keselamatan Bharat New Car Assessment Programme (Bharat NCAP).

Ini merupakan syarat baru sejak bulan Agustus 2023 yang harus dipatuthi semua pabrikan yang menjual mobilnya di India, sebagai dikutip dari Indiatimes.

Pemerintah India melansir Bharat NCAP (BNCAP) yang juga satu platform dengan sistem Global NCAP yang disesuaikan dengan standar industry serta pasar otomotif di India. Hal ini untuk meningkatkan standar mutu kendaraan yang di priduksi di negara dengan jumlah penduduk sebanyak 1,4 miliar orang itu.

Salah satu materi yang akan jadi kewajiban bagi semua mobil yang dipasarkan di India adalah lolos crash test sebagai patokan untuk menentukan mutu struktur sebuah mobil. Lebih rinci lagi hal tersebut akan mencakup tiga hal; perlindungan atas penumpang mapun pengemudi usia dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP), perlindungan atas penumpang usi anak-anak atau disebut Child Occupant Protection (COP), dan penerapan teknologi keamanan alias Safety Assist Technologies (SAT).

Semua pabrikan mobil, termauk importir mobil, yag beroperasi di India wajib melakukan registrasi pada sertifikasi “Form 70-A” yang dikeluarkan regulator di sana. Sebagai hasil akhirnya nanti akan disematkan verifikasi pemberian kode “bintang” yang rentangnya mulai dari nol bintang sampai lima bintang sebagai standar validasi berdasarkan regulasi bernama Automotive Indian Standard (AIS).

Tata Motors merupakan pabrikan pertama yang mengaplikasikan standar BNCAP secara resmi. Pertama kali dimunculkan pada dua produk yaitu Harrier dan Safari. Kemudian  Maruti Suzuki India dan juga Hyundai Motor India sudah mendaftarkan masing-masing tiga model produksi mereka.

Kemudian ada Mahindra yang juga sudah menyatakan siap mengirim empat model unggulan mereka.

Secara umum BNCAP akan menguji tiga varian dari satu model mobil sebelum dipasarkan. (EW)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKementerian ESDM: Transaksi Di SPKLU Naik Lima Kali Lipat 13 April 2024BeritaKorlantas Polri: Menunda “One Way” Hari Ini13 April 2024BeritaCatat: Tanggal Pemberlakuan Ganjil-Genap Dan Diskon Tarif Tol Saat Arus Balik13 April 2024TipsPelajaran Dari Kecelakaan Km 58 Dan Km 370: Pengemudi Tidak Boleh Kelelahan 12 April 2024

Trending

Daftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)
Cocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini
Daftar Harga MAZDA Terbaru (Mei 2024)
Daftar Harga NISSAN Terbaru (April 2024)
Daftar Harga MITSUBISHI Terbaru (Mei 2024)

Berita Terbaru

BeritaHyundai Ioniq 5 Dan Ioniq 6 Direcall, Update Software ICCU Untuk Pengisian Daya Lebih Optimal4 jam laluBeritaKia Sebarkan Teaser EV3, Debut Dunia 23 Mei Mendatang5 jam laluBeritaJumlah Kendaraan Bermotor Di Jakarta Bulan Ini: 24 Jutaan Unit 9 jam laluTipsStop Kebiasaan Mengisi BBM Dalam Keadaan Tangki Hampir Kosong10 jam laluBeritaPenambahan SPKLU: Kunci Pertumbuhan Pesat Mobil Listrik 11 jam laluDaftar HargaDaftar Harga SUZUKI Terbaru (Mei 2024)12 jam laluBeritaGIIAS 2024 Hadir Lebih Awal dan Jadi Yang Terbesar Sepanjang Sejarah, 300 Kendaraan Baru Bakal Meluncur13 jam laluBeritaLalu Lintas Jakarta: Waktu Tempuh Per 10 Kilometer Yaitu 19 Menit14 jam lalu