Toyota All New Alphard, Definisi MPV Mewah Nan Canggih

 Aditya Widiutomo    04 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Toyota All New Alphard resmi dipasarkan di Indonesia lewat ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show 2023 lalu. Alphard generasi keempat ini tampil lebih canggih dibandingkan generasi sebelumnya dengan penambahan varian hybrid yang menjadikannya irit konsumsi BBM dan juga tentu lebih ramah lingkungan.

Kemewahan jok baris kedua Toyota Alphard

“Toyota Alphard telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya sejak datang ke Indonesia di tahun 2008 sampai kini. Sekarang, All New Alphard hadir dengan penampilan yang lebih bermartabat dan canggih, memberikan hospitality dan kemewahan sejak pelanggan masuk ke dalam mobil, terintegrasi dengan teknologi elektrifikasi untuk menjamin mobilitas paripurna yang ramah lingkungan, dan lebih aman berkat teknologi Toyota Safety Sense dan pembaruan telematika T Intouch,” jelas President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi merupakan mandatory untuk menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya. Aplikasi peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda berupa kemampuan manuver dan stabilitas yang unggul, serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan.

Untuk menciptakan kesenyapan, Toyota juga mendesain bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut supaya angin dapat mengalir dengan smooth. Ini merupakan tantangan aerodinamika ditemui untuk mengurangi kebisingan dari sebuah MPV besar. Selain itu juga mengadopsi ban low noise dan menambah peredam suara di kap mesin yang menyempurnakan kabin yang senyap.

Mesin Hybrid Toyota Alphard

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control sehingga gerakan mobil lebih tenang dan halus. Sementara terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi oleh fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control) dengan mengaplikasikan rem depan-belakang dengan tekanan yang berbeda di sisi yang mendapatkan tekanan dari crosswind.

Pelanggan yang duduk di bangku tengah dan belakang All New Alphard tentu menginginkan atmosfir kabin yang teduh, tenang. Ceiling storage dipasang memanjang di tengah dari bangku baris ke-2 ke belakang, ditambah kehadiran 14 inch Rear Seat Entertainment (RSE) untuk masing-masing baris bangku dan lighting system yang mengelilingi ceiling storage dan bisa diatur sesuai mood penumpang.

Dan yang menarik di ruang kabinnya, moon roof juga dipasang memanjang ke belakang di sisi kiri-kanan ceiling storage yang memberikan kebebasan kepada masing-masing penumpang untuk menikmati pemandangan langit atau menutupnya supaya dapat beristirahat dengan tenang.

All New Alphard menjadikan kenyamanan bangku tengah sebagai prioritas pengembangan, sehingga kendaraan dapat digunakan sebagai super-luxury mobile office atau private room yang sangat nyaman. Untuk mendukung hal tersebut,  jok didesain ulang untuk memenuhi kebutuhan di atas. Kemudian dilakukan pembenahan, seperti memasang penyangga cushion frame di alas bangku, Low Repulsion Foam Pad pada sandaran, dan anti-vibration rubber bush supaya getaran dan noise tidak diteruskan ke tubuh penumpang.

Panel instrumen di balik kemudi berukuran 12.3 inch Full TFT dan Head Up Display (HUD) di atasnya, 14 inch High Grade Audio Monitor di tengah dashboard, wireless charger, dan Electrostatic Switch di kemudi ada pada semua tipe. Fitur kenyamanan lainnya adalah Power Back Door with Voice Command dan Digital Video Recorder sebagai dashboard camera yang dapat terintegrasi dengan smartphone. Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage. Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, di mana jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather.

Tipe 2.5 X dan 2.5 G  mengandallkan mesin bensin berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder bertenaga 182 hp pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm ini. Kinerja mesin diteruskan oleh transmisi CVT ke roda depan. Hanya ada 2 pilihan warna All New Alphard, yakni Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk diseluruh tipe.

Ruang kemudi Toyota Alphard

Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang, Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol, Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya, Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya, Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari, dan yang paling baru Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

All New Alphard didukung oleh fitur advanced yang dapat diakses via aplikasi mToyota, yaitu T Intouch. Fitur pada T Intouch menghadirkan pengalaman konektivitas digital dalam kehidupan sehari-hari, dengan menghubungkan pengguna dengan mobilnya ke seluruh layanan Toyota. Fitur yang dimiliki telah diperbarui dan akan digunakan pula oleh model baru Toyota lainnya di Indonesia. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaToyota Kerja Sama Dengan BYD Untuk Jualan Mobil PHEV, Ini Bocorannya5 hari laluBeritaCocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini05 May 2024BeritaToyota GR Starlet Bersaing di Ajang Rally 4, Bakal Hadir Juga Versi Produksi Massalnya04 May 2024Daftar HargaDaftar Harga TOYOTA Terbaru (Mei 2024)03 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Daftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga MINI Terbaru (Mei 2024)
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China

Berita Terbaru

TipsBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundi Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang3 menit laluMobil ListrikToyota Hilux EV Segera Hadir Tahun Depan18 menit laluBeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia19 jam laluBeritaEurokars Group Untuk Pertama Kalinya Tawarkan Mobil Bekas, Mulai Porsche Hingga Bentley20 jam laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road21 jam laluBeritaTunggu Beberapa Penyesuaian, Mitsubishi Triton Terbaru Segera Hadir Di Indonesia 23 jam laluBeritaDaftar Harga SUV Ladder Frame Terbaru (Mei 2024)1 hari laluBeritaMitsubishi Xpander Ultimate Sekarang Punya Opsi Transmisi Manual1 hari lalu