Penjualan Mobil Stagnan Selama 10 Tahun, Toyota Wacanakan Hadirkan Mobil Di Bawah Rp 250 Juta

 Aditya Widiutomo    22 March, 2024
Berita

OTODRIVER - Pasar otomotif Indonesia kini sedang mengalami one million trap atau tengah terjebak di angka penjualan satu juta unit per tahun. Dan angka satu juta unit ini sudah tercatat sejak 10 tahun lalu padahal kini makin banyak model mobil dan merek yang hadir di tanah air.

Tentunya, untuk menanggulangi hal ini diperlukan strategi-strategi baru. Anton Jimmy Suwandi selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa sempat mewacanakan mobil rakyat oleh pemerintah guna menggairahkan pasar.

Toyota Calya

"Sebenarnya ini sudah diucapkan sendiri oleh Pak Menteri Perindustrian. Kita harus support yang disebut mobil rakyat, harganya di bawah Rp 250 juta," ujar Anton saat diwawancarai pada momen buka puasa bersama media, Selasa (19/3).

Selain wacana soal mobil ‘murah’, Anton juga memikirkan skema-skema lain, salah satunya keringanan PPnBM yang diberlakukan di Indonesia beberapa waktu silam.

"Saya rasa seperti skema PPnBM yang dulu itu akan meningkatkan market secara signifikan," tambahnya.

"Pemerintah tidak rugi karena dengan meningkatkan volume pajak meningkat, walaupun secara per unit turun tapi totalnya meningkat. Efeknya pajak daerah, penghasilan, tenaga kerja meningkat itu sangat luar biasa kita rasakan," tutup Anton.

Sejak tahun 2013 silam, volume penjualan mobil di Indonesia stagnan. Bahkan saat ini, penjualan mobil di Indonesia kalah dengan India.

Penjualan mobil di Negeri Bombay terus bertumbuh 10 tahun terakhir. Pada tahun 2013, angka penjualannya di 2,4 juta unit dan di tahun 2023 lalu, penjualan di negara tersebut mencapai 4,1 juta unit. (AW).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaToyota Kerja Sama Dengan BYD Untuk Jualan Mobil PHEV, Ini Bocorannya12 May 2024BeritaCocok Buat Usaha Grab Dengan Modal Rp 30 Jutaan, Lihat Skema Angsuran Avanza Ini05 May 2024BeritaToyota GR Starlet Bersaing di Ajang Rally 4, Bakal Hadir Juga Versi Produksi Massalnya04 May 2024BeritaToyota All New Alphard, Definisi MPV Mewah Nan Canggih04 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Inilah Tiga Mobil Terlaris Honda Saat Ini, WR-V Naik Ke Urutan Ketiga
Subaru Jual Murah Mobil-Mobil Ex-Display, Ini Bocorannya
GALERI: BAIC BJ40 Plus (16 Foto)
Tidak Main-Main, Inilah 7 Investor Besar Di Belakang Brand BAIC di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaAion Gunakan Manufaktur Cerdas Berbasis AI7 jam laluBeritaMenjelang Peluncuran KIA EV3 Yang Mirip Dengan Versi Konsepnya, Intip Bocoran Spesifikasinya13 jam laluBeritaMobil Listrik Universitas Indonesia Incar Juara Bergengsi EV Internasional15 jam laluBeritaBYD Seal di Indonesia Tak Kunjung Datang Ke Konsumen, Di China Malah Sudah Seliweran Versi PHEV18 jam laluBeritaIni Dia BAIC BJ60, Lawan Tangguh Dari GWM Tank 50019 jam laluBeritaBertemu Langsung Dengan BAIC BJ30e, Sang Adik Dari BJ40 Berjantung Hybrid20 jam laluBeritaDouble Cabin BYD Resmi Dirilis, Berjantung Pacu Plug-In Hybrid22 jam laluBeritaSerupa Tapi Tak Sama Dengan KIA EV9, Inilah Hyundai Ioniq 7 Yang Akan Meluncur Juli di Busan Auto Show1 hari lalu