Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Pabrikan Milik Mantan Desainer Tesla Ajukan Kebangkrutan

Fisker merupakan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat. Setelah melakukan recall besar-besaran, mereka mengajukan pailit.
Berita - Kamis, 20 Juni 2024 16:46 WIB
Penulis : Ahmad Biondi
Fisker Ocean


OTODRIVER - Pembuat mobil listrik asal Amerika bernama Fisker telah mengajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 pada Senin 17 Juni 2024.

Pengumuman tersebut muncul dua minggu setelah jenama tersebut melakukan penarikan kembali alias recall terhadap 6.864 unit SUV Fisker Ocean model tahun 2023.

Seperti dilansir Reuters, pabrikan rintisan mantan konsultan desain Tesla, Henrik Fisker tersebut menyatakan pailit setelah berusaha menyelamatkan operasinya untuk meningkatkan produksi model Ocean.

BACA JUGA

Kini dengan diajukannya permohonan kebangkrutan Bab 11 di Delaware, Fisker Group Inc mengungkap utangnya ada di jumlah USD 100-500 juta (Rp 1,6 - 8,2 triliun), sementara asetnya diperkirakan masih berjumlah USD 500 juta -1 miliar (Rp 8,2 triliun - 1,6 kuadriliun). Artinya, utang perusahaan bisa mencapai setengah dari modalnya.

Fisker Ocean mengalami recall

Pengajuan perlindungan kebangkrutan Bab 11 mengacu pada Undang-Undang Kepailitan AS (Bankruptcy Code Chapter 11) yang memberikan perlindungan kepada perusahaan yang tidak mampu membayar utangnya.

Dengan mengajukan perlindungan tersebut, produsen mobil listrik tersebut memanfaatkan sarana hukum untuk merancang kembali struktur keuangannya melalui negosiasi dengan kreditur untuk mengurangi utang, penjualan aset yang kurang strategis, atau perubahan dalam manajemen dan strategi bisnis guna meningkatkan kembali kinerja keuangannya.

Seluruh proses ini dilakukan di bawah pengawasan ketat pengadilan untuk memastikan perusahaan tetap beroperasi sambil mengelola beban utang berlebih.

"Seperti perusahaan lain di industri kendaraan listrik, kami telah menghadapi berbagai tantangan pasar dan makroekonomi yang memengaruhi kemampuan kami untuk beroperasi secara efisien," tulis perusahaan itu dalam keterangan resmi perusahaan. (AB)


Tags Terkait :
Fisker Mobil Listrik Fisker Harga Mobil Listrik Fisker Spesifikasi Fisker Fisker Baru Harga Fisker
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Berita
Pabrikan Milik Mantan Desainer Tesla Ajukan Kebangkrutan

1 minggu yang lalu


Mobil Listrik
Tesla Luncurkan Fitur Baru Bernama Charge on Solar, Apa Itu?

11 bulan yang lalu


Mobil Listrik
Setelah Honda, Kini Jaguar Jalin Kerjasama dengan Tesla untuk Penggunaan Supercharger

9 bulan yang lalu


Mobil Listrik
Volkswagen Group Siap Menggebrak Pasar Mobil Listrik Dengan Memproduksi 1 Juta Unit

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
BMW M5 G90 Resmi Debut Dunia, Bobot Hampir 2,5 Ton

7 jam yang lalu


Berita
Chery Fulwin T10 SUV PHEV Mewah Berbanderol Rp 400 Jutaan Siap Meluncur

7 jam yang lalu


Tips
Ketahui Cara Jumper Aki Mobil Yang Aman Dan Benar

12 jam yang lalu


Berita
BYD: Sudah Tidak Ada Keterlambatan Delivery Lagi

13 jam yang lalu


Berita
Mengenal Merek Kalista Yang Akan Hadir DI GIIAS 2024, Punya Produk Double Cabin Listrik!

13 jam yang lalu