Konsep Desain Ferrari 12Cilindri Terinspirasi Dari Pesawat Jet 

 Bimo Aribowo    04 May, 2024
Berita

OTODRIVER - Ferrari 12Cilindri yang baru diluncurkan (3/5) mengusung konsep desain unik terinspirasi dari pesawat jet.

Hal ini dikemukakan Flavio Manzoni, chief design officer Ferrari saat ditemui OtoDriver (16/4) lalu di sesi International Media Launch di Maranello, Italia.

Desain pesawat jet ini terwakili dari bentuk atap bagian belakang yang menyerupai sayap jet supersonik.

Bentuknya dibuat menyatu dengan kaca belakang sehingga terlihat seakan-akan sebuah bentangan sayap pesawat.

Apalagi di sisi kanan dan kirinya ikut dilengkapi dengan active spoiler yang terpisah di kedua sudutnya.

Active spoiler ini diibaratkan sebagai flap di sayap pesawat terbang yang bisa membuka dan menutup secara variabel mulai 0-30 derajat.

Kontrol active spoiler ini terhubungan dengan sistem elektronik mobil yang membaca akselerasi lateral, kecepatan mobil hingga pergerakan di keempat roda.

Ferrari mengklaim active spoiler ini mulai terangkat di kecepatan 60 km/jam hingga terbuka penuh di 300 km/jam.

Ferrari 12Cilindri

Saat kedua spoiler di sisi kiri dan kanan mobil terbuka penuh, buritan mobil akan mendapat tambahan downforce hingga 50 kg untuk memaksimalkan traksi ban ke permukaan jalan.

Gianmaria Fulgenzi, chief product development Ferrari menyebut bagian active spoiler ini menyita perhatian dan waktu yang cukup lama dalam desain dan perancangannya. "Sempat beberapa kali kita coba dan ganti hingga mendapatkan efek maksimal seperti saat ini," jelasnya.

Tak hanya di bagian eksterior, konsep pesawat jet serupa bagian atap dan kaca belakang ikut disematkan di kabin.

Tepatnya di bagian konsol tengah tempat tuas atau tombol kontrol transmisi. Bentuknya mirip sayap pesawat jet yang mengambang. Kesan tehnik aviasi makin kental dengan material silver alumunium yang digunakan. (BA)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaFerrari 12Cilindri Hadir Dalam Dua Versi ( 33 foto)10 May 2024BeritaIni Alasan Ferrari Tetap Kembangkan Mesin V12 di Era Elektrifikasi05 May 2024BeritaBuat Siapa Ferrari 12Cilindri Diciptakan? 04 May 2024BeritaFerrari Rilis Mobil Terbaru Bermesin V12 Bernama 12Cilindri03 May 2024

Trending

Honda Freed Generasi Terbaru Hadir Di Tanah Air? Begini Respon Honda Indonesia
Daftar Harga MERCEDES-BENZ Terbaru (Mei 2024)
Citroën Ë-C3 Kini Bebas Bea Impor Dan PPnBM Ditanggung Pemerintah
Daftar Harga MINI Terbaru (Mei 2024)
Hyundai Siapkan Ioniq 3 Sebagai Pesaing Langsung EV Murah Dari China

Berita Terbaru

BeritaHonda Berkolaborasi Dengan IBM Untuk Kembangkan Software dan AI1 jam laluBeritaBumblebee Versi Listrik Bakal Meluncur 2026, Simak Bocorannya2 jam laluTipsBuat Para Penggemar Kecepatan, Hyundai Ioniq 5 N Sebentar Lagi Datang2 jam laluMobil ListrikToyota Hilux EV Segera Hadir Tahun Depan3 jam laluBeritaKesuksesan Vinfast Di Negara Asalnya Akan Diimplementasikan Di Indonesia22 jam laluBeritaEurokars Group Untuk Pertama Kalinya Tawarkan Mobil Bekas, Mulai Porsche Hingga Bentley23 jam laluBeritaPrestige Motor Resmi Jadi Dealer BAIC. Akan Sediakan Lahan Khusus Untuk Test Drive Off-Road1 hari laluBeritaTunggu Beberapa Penyesuaian, Mitsubishi Triton Terbaru Segera Hadir Di Indonesia 1 hari lalu