Hyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC

 Suryo Sudjatmiko    18 April, 2024
Berita

OTODRIVER - Hyundai memiliki satu divisi khusus yakni N yang identik dengan kendaraan performa tinggi. Kehadiran divisi N ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan para penggemar otomotif akan pengalama berkendara di atas kendaraan yang mampu meletupkan performa tinggi dengan karakter tangguh dan kendali yang presisi.

Label N itu sendiri diambil dari dua nama yakni Namyang, sebuah pusat fasilitas R&D Hyundai di Korea Selatan, tempat kelahiran semua inovasi yang ada pada Hyundai.

Sedangkan N berikutnya hadir dari sebuah sirkuit terkenal di Jerman yakni Nürburgring yang dijadikan tempat ujicoba produk Hyundai khususnya N Brand.

Titik kelahiran N Brand tak lepas dari gebrakan yang dilakukan pada 2012 silam, saat Hyundai memgumumkan keterlibatannya dalam World Rally Championship (WRC) dengan memperkenalkan i20 WRC di Paris Motor Show di bulan September.

Tiga bulan kemudian Hyundai Motorsiport resmi dibentuk di Alzenau, Jerman sebagai strategi Hyundai untuk mempercepat persiapannya kembali ke WRC.

Pada Maret 2013, Hyundai memperkenalkan mobil konsep i20 WRC dengan peningkatan terbaru di ajang Geneva Motor Show. Komitmen Hyundai untuk menciptakan high-performance car pun semakin dipertegas dengan peresmian Hyundai Motor Technical Center di Nürburgring.

Hyundai menutup tahun 2013 dengan memperkenalkan N Logo untuk pertama kalinya, diiringi peluncuran kendaraan untuk WRC 2014 pada bulan Desember.

Upaya Hyundai dalam mengembangkan high-performance car berujung pada hasil yang memuaskan, terutama dengan kemenangan (Maiden Victory) mereka di Reli Jerman pada 2014. Kala itu, i20 WRC besutan Hyundai Motorsport berhasil meraih empat podium dan finish di posisi ke-4 klasemen pabrikan di ajang WRC 2014.

Kesuksesan i20 di WRC berlanjut di tahun 2015 dengan kembali merengkuh empat podium dan berhasil bercokol di tiga besar klasemen akhir.

Tahun 2015 juga jadi momen bersejarah bagi Hyundai dengan diperkenalkannya Hyundai High-Performance N Lineup di ajang Frankfurt Motor Show 2015 di Jerman. Selain memamerkan RM15 Concept Cars, Frankfurt Motor Show juga menjadi panggung bagi Hyundai untuk memperkenalkan N 2025 Vision Gran Turismo yang saat itu digadang-gadang sebagai teknologi high-performance car dari Hyundai.

Ioniq 5 N

Dari ajang Reli inilah Hyundai mulai menancapkan label high performance pada dunia. Perjalanan panjang di dunia reli boleh dikata sebagai N Brand yang kita kenal hari ini.

Seperti dikutip dari informasi resmi Hyundai, terdapat tiga pilar utama dalam menyuguhkan N Brand yakni :

1. Corner Rascal: Pilar yang menyoroti kemampuan kendaraan Hyundai N Brand untuk melesat di tikungan dengan lincah dan responsif. Handling yang tajam dan presisi menjadi inti dari aspek ini, memberikan pengendara sensasi mengemudi yang luar biasa.

2. Racetrack Capability: Menitikberatkan pada daya tahan dan kinerja kendaraan Hyundai N Brand yang telah teruji di trek balap. Aspek ini menjamin bahwa performa kendaraan tetap konsisten bahkan dalam kondisi berkendara ekstrem, memenuhi standar tinggi di dunia balap.

3. Everyday Sports Car: Menawarkan kombinasi unik antara kenyamanan sehari-hari dan excitement berkendara mobil sport. Hyundai N Brand berusaha menciptakan keseimbangan sempurna antara utilitas dan performa, memberikan pengalaman berkendara yang memikat setiap hari.

N dari Namyang dan Nurburgring 

Dengan ketiga pilar tersebut, Hyundai N Brand tidak hanya menawarkan high-performance car andal, tetapi juga pengalaman mengemudi yang unik dengan mengutamakan preferensi pengemudi melalui berbagai pengaturan berkendara yang terpersonalisasi.

Hyundai N Brand telah memiliki beberapa lini kendaraan yang dirilis hampir setiap tahunnya, di antaranya:

1. Hyundai i30 N pada 2017

2. Hyundai i30 Fastback N pada 2018

3. Hyundai Veloster N pada 2019

4. Hyundai i20 N pada 2020

5. Hyundai Kona N dan Hyundai Elantra N pada 2021

6. Hyundai Elantra N PE pada 2023

Selain itu, asahan N Brand yang paling mutakhir hadir dalam wujud mobil listrik murni yakni Ioniq 5 N pada Juli 2023. Transformasi ini menjadi langkah signifikan bagi Hyundai N Brand untuk memasuki tahap baru dalam perkembangan mobilitas, dengan tetap mempertahankan karakteristik high performance sambil mengintegrasikan teknologi listrik yang canggih guna mendukung masa depan dari high- performance EV. (SS) 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHarga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas1 hari laluBeritaHarga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?2 hari laluBeritaHarga All New Hyundai Kona Electric, Masuk Di Antara Atto 3 Dan Omoda E53 hari laluBeritaHyundai All New Kona EV Dibanderol Di Rp 500 jutaan5 hari lalu

Trending

Harga EV Bekas Terjun Bebas. Mitos Atau Fakta?
Harga Mobil Listrik Bekas Jeblok, Begini Kata Pemain Mobil Bekas
Ganti Aki Ternyata Ada Persyaratan Dan Strateginya
Inilah Mobil Chery Paling Laris di Jawa Tengah
Segini Hasil Konsumsi BBM Chery Tiggo 5X Digeber Jakarta-Semarang

Berita Terbaru

BeritaDokter Mobil Kolaborasi Dengan Mitra Dari Malaysia, Gandeng Ojol Terapkan Strategi "Sharing Economy" Di Indonesia12 jam laluBeritaFakta Menarik, di Surabaya Rata-Rata Mobil Chery Warnanya Sama12 jam laluMobil ListrikDFSK Perlihatkan Kasta Tertinggi Mobil Listriknya, SERES 7 di Surabaya13 jam laluBeritaBYD Perkenalkan Dua Sedan PHEV Dengan Jarak Tempuh 2.100 km 13 jam laluBeritaBengkel Khusus Mobil Hybrid Dan EV Kini Hadir Di Indonesia15 jam laluBeritaMayoritas Pedagang Mobil Bekas Belum Berani Sentuh Mobil Listrik18 jam laluBeritaAlasan Carnival Hybrid Belum Hadir Di Indonesia19 jam laluBeritaVROST Bersaing di Kelas Kaca Film dan Paint Protector Terjangkau di Indonesia21 jam lalu