Mitsubishi L300 Euro 4 Bukan Barang Rewel

 Suryo Sudjatmiko    23 May, 2023
Berita

Telah berkiprah lebih dari 40 tahun menjadikan Mitsubishi L300 sebagai sebuah legenda di dunia niaga. Perkembangan terbaru, mobil ini mendapatkan mesin baru dengan standar emisi Euro 4.

Mesin dieselnya berkode 4N14 dengan kapasitas silinder 2.268 cc Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger. Mesin ini diklaim menghasilkan tenaga 99,2 PS di 3.500 rpm dengan torsi 200 Nm pada 1.000-3.500 rpm. Selain mesin yang tenaganya 40% lebih kuat, luas bak kargo belakang L300 terbaru juga lebih besar 8% dari model sebelumnya.

Namun demikian, penggunaan mesin dengan standar emisi Euro 4 ini ada konsekuensinya. Yang paling besar adalah pada penggunaan bahan bakar yang dituntut lebih baik dan itu artinya menggunakan bahan bakar yang lebih mahal.

“L300 Euro 4 direkomendasikan menggunakan bahan bakar setara Euro 4 dengan spesifikasi angka cetane 51 dan sulfiur 50 ppm,” tutur Irwan Kuncoro, Director of Sales and Marketing Division PT MMKSI beberapa waktu silam.

“Walau sudah menggunakan standar Euro 4, namun konsumen tidak perlu khawatir karena L300 tetap masih bisa menggunakan bahan bakar Biosolar,” jelas Irwan lebih lanjut. “Menggunakan Biosolar tak serta merta langsung merusak mesin, namun memang perlu perawatan rutin dan teratur. Seperti mengganti filter bahan bakar dengan teratur,” pungkasnya.

Apakah dengan langkah ini bisa diterima oleh pasar?

“Jika dihitung secara bisnis, menggunakan BBM berkualitas tentu bikin jebol kantong. Tapi dengan testimoni Mitsubishi yang tetap memperbolehkan penggunaan Biosolar atau Dexlite yang lebih rendah dibandingkan Pertadex tentu ini cukup melegakan,” jelas Catur Sunu Sumarjanto, pemilik armada angkutan yang telah lebih dari 20 tahun menggunakan L300 sebagai andalan. “Konsekuensi mengganti filter bahan bakar dengan tertib masih bisa diterima. Saya sudah lakukan rutin selama delapan bulan penggunaan dan semuanya lancar,” lanjut pengusaha yang banyak terjun di dunia perikanan ini. “Performa mesinnya lebih dari cukup dan ini jadi nilai lebih bagi mobil ini,” sambung penduduk Bantul, Yogyakarta ini.

Keunggulan Elsapek ini pun dirasakan pula oleh Hadian Martin yang berada di daerah Kampar, Riau. Pria yang punya usaha pengangkutan pakar ikan ini pun kini punya tiga pikap yakni L300 Euro 4, L300 Euro 2 dan satu pikap lain dari kompetitor.

“Jadi saya tahu perbandingannya seperti apa. Rute harian saya itu banyak tanjakannya jadi butuh pikap yang bertenaga,” jelasnya saat diwawancari beberapa waktu silam.

“Saya membeli L300 Euro 4 ini memang penasaran karena sejauh ini saya senang sekali dengan kemampuan L300 Euro 2. Sekarang saya sudah Sembilan bulan saya pakai dan memang saya rasakan kelebihannya ada di kenyamanan,” imbuhnya.

Senada dengan testimoni Sunu, Hadian mengatakan bahwa tidak ada masalah juga untuk bahan bakar karena mudah didapat. Untuk perawatan juga lebih mudah, hanya lebih perhatian untuk ganti oli  juga filter solar harus tertib dan tertib.

“Jelas mobil ini bukan barang rewel kendati pakai mesin canggih,” tutup Sunu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaMitsubishi eK X EV Capai 100.000 Produksi di Jepang, Sayang Tidak Masuk Indonesia3 hari laluBeritaTunggu Tanggal Mainnya, Mitsubishi Triton Generasi VI Dipastikan Hadir Di Indonesia19 March 2024BeritaMitsubishi Pajero Sport Facelift Kedua Hadir Di Thailand18 March 2024BeritaStereotip Model Mobil Terhadap Tabiat Pengendaranya, SDC Bantah Hal Tersebut18 March 2024

Trending

Toyota Land Cruiser FJ Bakal Dibanderol Setara Fortuner?
SPY SHOT: Toyota Rush Versi Penyegaran 2024
Kecelakaan Beruntun Halim Libatkan Kona Electric, Bukti Mobil Listrik Aman Terhadap Tabrakan
Oli Milik Anak Bangsa Ini Tunjuk Artis Legenda Menjadi Brand Ambassadornya
Perusahan Mobil Asal China, GWM Buka Dealer Pertama di Indonesia

Berita Terbaru

BeritaPeriklindo: Road Map Elektrifikasi Nasional Tetap Berjalan5 jam laluBeritaMelihat Keunggulan BAIC X55 II, Bertenaga Mesin Lebih Besar Ketimbang Almaz dan Omoda 6 jam laluBerita Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Kawal Pemudik Lebaran 20246 jam laluMobil ListrikNissan Bakal Jual 16 Mobil Listrik di 202610 jam laluBeritaBAIC Resmi Jualan di Indonesia, Dua Model Ini Yang Bakal Dilepas Dalam Waktu Dekat11 jam laluBeritaAda Satu Merek Mobil Cina Lagi Meluncur Minggu Depan Di Indonesia12 jam laluBeritaBuka Puasa Bersama Komunitas Suzuki Jimny Dan Katana14 jam laluBeritaSuzuki Australia Recall Jimny Lansiran 2018-2019, Bagaimana Dengan Indonesia?1 hari lalu