Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Membentuk Industri Pasar Kendaraan Listrik Bekas

Salah satu hal perlu diperhatikan adalah pasar mobil listrik bekas ini, agar mobil listrik berkembang
Berita - Minggu, 3 Desember 2023 10:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


OTODRIVER - Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan kendaraan listrik telah meningkat secara dramatis di seluruh dunia. Kemunculan kendaraan listrik sendiri mempunyai dampak besar pada industri otomotif.

Di Indonesia, pemerintah telah mendorong penciptaan ekosistem kendaraan listrik melalui penciptaan pasar dengan memberikan insentif kendaraan listrik. Salah satu hal perlu diperhatikan adalah pasar mobil listrik bekas ini, agar mobil listrik berkembang di Indonesia sehingga masyarakat bisa memikirkan kembali harga jualnya sebelum memboyong sebuah kendaraan. 

Namun, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengakui saat ini belum terbentuk pasar kendaraan listrik bekas. "Soal second hand market dalam pasar mobil listrik bekas, masih belum ada. Jadi kita nggak tahu. EV ini bagus menurut saya dan juga penting, tapi ekosistemnya itu betul-betul harus kita matangkan,” kata Eddy di Jakarta beberapa waktu lalu.

BACA JUGA

Jumlah SPKLU di Indonesia saat ini sudah mencapai 854 unit, tersebar di 577 lokasi. Namun jumlah itu tak sepadan dengan jumlah mobil listrik yang beredar di Indonesia.

Kendaraan listrik sendiri masih dianggap sebagai moda transportasi baru, meskipun sudah ada yang menjual mobil bekasnya, tapi masih belum banyak tersedia. Untuk harganya, mobil bekas ini lebih tinggi depresiasinya dibandingkan versi konvensional.

"Kendaraan konvensional depresiasinya adalah 25 persen di tahun pertama. Tetapi pada mobil listrik mencapai 35 persen meski usianya masih muda. Mobil listrik juga masih memilik kekhawatiran karena stasiun pengisian ulang yang belum sebanyak seperti SPBU," ujar Head Fleet and Auction JBA Indonesia, Willy Willim di Kota Tanggerang, Selasa (29/11).

Ditambah para pemain kendaraan bekas masih takut akan baterai kendaraan yang merupakan komponen termahal di mobil listrik. "Harga baterai itu sekitar setengah dari mobil ya dan garansinya cuma delapan tahun. Sehingga orang harus mengukur usia kendaraan dari sana," ungkap Willy.

Dari sisi produsen mobil listrik yaitu Wuling menanggapi soal masih turunnya harga mobil listrik bekas ini. Menurutnya pasar kendaran mobil listrik bekas akan meningkat dan banyak peminat. "Yang jelas,pasar mobil listrik secara keseluruhan akan menigkat, terlihat dari tren tahun 2022 maupun 2023 yang menunjukkan peningkatan lebih dari dua kali," ujar Brand & Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani saat dihubungi OtoDriver, beberapa waktu silam. 

Ia juga menambahkan, banyak faktor yang mempengaruhi mobil listri bekas saat ini seperti kondisi kendaraan, tahun produksi, dan permintaan pasar.

"Sebenarnya harga Air EV bekas tidak turun jauh, jika dilihat bahkan mobil listrik menunjukkan tren penurunan nilai yang lebih lambat. Hal ini sebagian disebabkan oleh permintaan yang meningkat untuk kendaraan yang ramah lingkungan," ujar Dian. (GIN)


Tags Terkait :
Mobil Mobil Listrik Mobil Listrik Bekas
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Mobil Listrik
Tancap Gas, Xiaomi Siapkan SUV EV Bergaya Ferrari Purosangue

1 minggu yang lalu


Berita
Xiaomi Pastikan Model Kedua Mereka Berwujud Sebuah SUV, Berikut Bocorannya

1 minggu yang lalu


Berita
Xiaomi SU7 Tertangkap Kamera Di Nurburgring, Coba Kalahkan Rekor EV Tercepat

2 minggu yang lalu


Berita
Pesanan Meledak, Xiaomi Naikkan Gaji Karyawan Hingga Rp 22 Juta Perbulan Untuk Meningkatkan Produksi

3 minggu yang lalu


Mobil Listrik
Ini Rencana Xiaomi Setelah Mobil Listrik Pertamanya Laris Manis

1 bulan yang lalu


Mobil Listrik
Setelah Menjual Neta V-II, Dua Sedan Listrik Ini Bakal Segera Dirilis Neta

1 bulan yang lalu


Berita
Laku Keras, Xiaomi Gandakan Produksi Mobil Listrik Mereka Menjadi 20.000 Unit Perbulan

1 bulan yang lalu


Berita
Setelah Xiaomi SU7, Kini Giliran Tesla Cybertruck Mati Total Baru Digunakan Sejauh 56 KM

1 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Tak Hanya Kalista, Geely Radar RD6 Bakal Hadir Juga Di Thailand Dengan Label Riddara

1 jam yang lalu


Berita
GWM Tank 300 Semakin Dekat Dengan Indonesia

2 jam yang lalu


Berita
Konsumen Pajero Sport-Fortuner Mulai Bergeser Ke Kijang Innova Zenix

4 jam yang lalu


Berita
Kona EV Yang Meluncur di GIIAS Sudah Menggunakan Baterai Produksi Lokal

5 jam yang lalu


Test Drive
Test Drive Citroen E-C3: Acung Jempol Untuk Kenyamanannya

8 jam yang lalu