Melihat Lebih Dekat Baterai Hyundai Ioniq 5

 Aditya Widiutomo    01 June, 2023
Berita

Mobil listrik memang sudah banyak beredar di jalanan Indonesia. Berbagai merek telah coba merangsek pasar mobil listrik Indonesia yang makin lama makin bergairah.

Namun, dari sekian banyak mobil listrik yang beredar, sudahkah Anda tahu bentuk dari peranti penting dari mobil listrik, yakni baterai? Kami berkesempatan langsung untuk melihat baterai dari salah satu mobil listrik terlaris di Indonesia, Ioniq 5.

Tepatnya, pada ajang Ground Breaking pabrik sistem baterai Hyundai di Indonesia, terpampang sebuah lempengan besi hitam yang sangat besar yang tentunya ini adalah komponen baterai Hyundai Ioniq 5.

Memang tidak disebutkan secara rinci berapa dimensi dari baterai Ioniq 5 ini. Kendati demikian, kami menilai bahwa panjang baterai ini ditaksir 1/3 dari sebuah Ioniq 5. Sedangkan lebarnya kami perkirakan 2/3 dari lebar Ioniq 5.

Dari data spesifikasinya, tercatat baterai Ioniq 5 memiliki kapasitas 55,6 Ah baik untuk varian Long Range dan Standard Range. Sedangkan untuk jumlah sel baterai mencapai 360 untuk Long Range dan 288 sel untuk Standard Range, 30 modul untuk varian Long Range dan 24 untuk Standard Range dan voltasenya mencapai 653 v untuk Long Range dan 523 v untuk Standard Range.

Sedangkan untuk energinya sendiri, baterai Long Range memiiki 72,6 kWh sedangkan baterai Standard Range memiliki kapasitas energi sebesar 58 kWh.

Sistem baterai yang sangat besar ini diletakkan di bagian kolong dari Ioniq 5. Dan harga dari sistem baterai ini seringkali disampaikan mencapai 1/3 dari banderol harga sebuah mobil listrik itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari laluMobil ListrikKia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China2 hari laluBeritaInterior Hyundai Creta EV Terkuak, Mirip Dengan All New Kona Electric3 hari laluBeritaSPY SHOT: Hyundai Creta Facelift Di Indonesia5 hari lalu

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Berita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 11 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien17 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China19 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 202420 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak21 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari lalu