Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Jalan Tol di Indonesia Bukan Dirancang untuk Arus Mudik Lebaran

Berita - Kamis, 23 Maret 2023 13:00 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Tahun ini, Tol Trans-Jawa masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023. Jalur tol tersebut diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang.

Pemudik sering memandang melalui jalur tol itu cepat. Namun, karena tingginya potensi pergerakan masyarakat dalam memilih tol, sehingga pergerakan di tol menjadi lambat. Padahal, jalan tol di Indonesia tidak dirancang untuk arus volume kendaraan saat lebaran.

"Jalan di Indonesia baik jalan tol maupun arteri bukan dirancang untuk volume lalu lintas seperti lebaran yang volume luar biasa dalam waktu singkat bergerak bersama, sehingga pengendalian dan pengaturan yang perlu dimatangkan," kata Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) kepada OtoDriver, Kamis (23/3).

Tahun ini, Tol Trans-Jawa masih akan menjadi jalur favorit untuk arus mudik Lebaran 2023. Jalur tol tersebut diproyeksikan akan dilintasi sekitar 9,2 juta orang.

BACA JUGA

Pemerintah dinilai perlu mengantisipasi peningkatan arus mudik Lebaran tahun ini dengan menambah fasilitas di tempat istirahat (rest area), seperti toilet, khususnya jumlah toilet untuk perempuan harus lebih banyak dari jumlah toilet untuk laki-laki. Juga dibangun rest area tambahan di beberapa tempat yang cukup menyediakan toilet.

Di samping itu, harus juga ada penambahan tempat-tempat istirahat di luar tol yang masih berdekatan dengan pintu tol. Dengan demikian, tidak terjadi pemanfaatan bahu jalan tol untuk beristirahat yang memicu kemacetan. 

"Bahu jalan tol harus bersih dari lalu lintas kendaraan yang tidak diijinkan. Bahu jalan tol digunakan untuk aktivitas darurat," ujar Djoko.

Disarankan Lewat Jalur Alternatif

Perjalanan melewati jalan tol atau bebas hambatan tidak selalu lebih lancar. Masyarakat dapat mempertimbangkan penggunaan jalan arteri, seperti pantura dan pansel Jawa. Pada arus mudik tahun 2022, penggunaan jalan arteri pantura Jawa tergolong relatif lebih lancar ketimbang jalan tol.

Di sisi lain, sejumlah rest area yang disediakan di jalan tol pada musim Lebaran akan berada diatas normal dimana kerap penuh dan menjadi sumber kemacetan.

"Di jalan alternatif, jalan provinsi di Jawa Tengah sudah tersedia rest area di luar tol. Rest area Kopeng namanya yang terletak di ruas jalan Boyolali-Selo-Magelang, dekat pertigaan Salatiga. Jika pemudik keluar pintu Tol Salatiga akan menuju Magelang lewat jalan provinsi ini dapat beristirahat menikmati suasana alam pegunungan," kata Djoko.

Sementara itu, melihat tingginya prediksi lonjakan kendaraan di jalur Tol ke arah Semarang, Menhub mengungkapkan akan terus berkoordinasi intensif dengan Korlantas Polri, KemenPUPR, Badan Pengelolaan Jalan Tol, Jasa Marga, dan unsur terkait lainnya, untuk menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas seperti, contra flow, one way, pembatasan angkutan barang dan lain sebagainya.

"Kami bekerja kompak sebagai tim dan tengah menyiapkan berbagai hal, termasuk Surat Keputusan Bersama (SKB) untuk menentukan waktu pelaksanaan rekayasa lalu lintas, yang penerapannya di lapangan akan dilakukan oleh Korlantas Polri," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dikutip dari situs dephub.go.id pada Kamis (23/3).

Ia juga menambahakan, akan meningkatkan fasilitas prasarana jalan seperti, perbaikan dan pelebaran jalan, penambahan rest area, penambahan marka jalan, dan fasilitas jalan lainnya.

"Selain penyiapan rekayasa lalu lintas dan peningkatan fasilitas jalan, kami mengimbau kepada masyarakat penggunaan kendaraan pribadi roda empat untuk mengatur waktu perjalanan dengan baik, agar perjalanan mudiknya lebih nyaman," papar Budi.


Tags Terkait :
Mudik Arus Mudik Mudik Lebaran Mobil Pribadi Tol Jalur Alternatif
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Artikel Terkait

Tips
Berpotensi Cuaca Ekstrem Saat Arus Mudik, Ini Tips Berkendara yang Tepat

1 tahun yang lalu


Berita
Jalan Tol di Indonesia Bukan Dirancang untuk Arus Mudik Lebaran

1 tahun yang lalu


Tips
5 Persiapan Yang Wajib Dilakukan Agar Perjalanan Mudik Lebih Aman

2 tahun yang lalu


Berita
Korlantas Polri: Operasi Ketupat Lancarkan Arus Mudik 2024

2 bulan yang lalu


Berita
Kemenhub: 2 Jutaan Kendaraan Keluar Wilayah Jabodetabek

2 bulan yang lalu


Berita
Pertamina : Satgas RAFI 2024 Amankan Pasokan BBM

2 bulan yang lalu


Berita
Waspadai Tanggal 5-9 April, Tol TransJawa Diduga Akan Sangat Padat

2 bulan yang lalu


Berita
Pemudik Mobil Waspada, Langgar Aturan Kecepatan di Jalan Tol Denda Rp 500 Ribu

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
BMW M2 Dapat Pembaruan, Lebih Bertenaga!

1 jam yang lalu


Berita
Mengikuti Amerika Serikat, Eropa Bakal Kenakan Tarif Khusus Mobil Listrik Tiongkok

3 jam yang lalu


Berita
Pemerintah Kota Ini Gelontorkan Insentif Untuk Ganti 300.000 Mobil Tua Dengan EV

19 jam yang lalu


Berita
BMW M5 Segera Meluncur Sebagai PHEV, Simak Bocorannya

20 jam yang lalu


Berita
Ini 5 Fakta Menarik Chery Tiggo 5X

22 jam yang lalu