Industri Otomotif Indonesia Masih Dibayangi Krisis Cip Semikonduktor

 Gemilang Isromi Nuar    29 January, 2023
Berita

Tampaknya kelangkaan cip semikonduktor kemungkinan masih dirasakan sebagian besar produsen otomotif di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Yohannes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

"Saya dengar kabar kurang bagus bahwa cip semikonduktor akan mengalami kelangkaan lagi. Saya juga dapat kabar bahwa ada kebakaran besar pabrik di China dan tak tahu bagaimana dampaknya untuk Indonesia,” ujar Nangoi, saat acara GJAW di Jakarta (26/1).

Ia juga menambhakan, saat semua kendaraan bermotor belum menggunakan listrik seutuhnya dimana membuka jendela hingga mengunci pintu masih manual pengaruh cip belum dirasakan. Semuanya berubah semenjak hadirnya kendaraan listrik. Sebab cip semikonduktor berperan besar dalam beroperasinya mobil serta motor listrik tersebut.

"Kendaraan listrik pakai part ini cukup banyak. Sebabnya kita mendekatkan diri ke para pengusaha cip semikonduktor agar mendapatkan kuota lebih lagi,” papar Nangoi.

Namun, ia berharap jika langkanya cip nanti, tidak terlalu berdampak bagi industri otomotif Tanah Air. Pasalnya beberapa negara yang membuat cip semikonduktor saling berhubungan menyalurkan hasil produksinya ke seluruh dunia.

Sementara itu, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy mengatakan Meski baru saja meluncurkan WR-V, namun karena pasokan chip semikonduktor yang terhambat, produksi menjadi tersendat. Padahal seperti diberitakan Honda, WR-V sudah dipesan sebanyak 2.850 unit hingga saat ini.

"Setiap model itu beda-beda shortage chipnya. Chip semikonduktor itu komponen kecil yang berpengaruh ke komponen lainnya, bisa dipakai di SRS (airbag), di ABS, audio, elektronik lainnya, banyak. Setiap  model bisa berbeda-beda," ungkap Billy 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

TipsAgar Tetap Aman dan Nyaman, Pentingnya General Check Mobil Sebelum Mudik7 jam laluBeritaIni Ruas Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023 7 jam laluMobil ListrikBrand Lawan Tesla Ini Memperoleh Banyak Keuntungan di Pasar China9 jam laluBeritaHari Ini, Insentif PPN untuk Mobil Listrik Hanya Bayar 1 Persen12 jam lalu

Trending

Apa Yang Terjadi Jika Bensin Beda Oktan Dicampur?
Mengenal Casper, SUV Mungil Hyundai Berbanderol Rp 100 Jutaan
Daftar Harga WULING Terbaru (Maret 2023)
Tidak Hanya Basis Band Seringai, Konsumen Ini Juga Terkena Masalah Inden Ioniq 5
Perbandingan Performa Toyota Agya vs Honda Brio

Berita Terbaru

BeritaLampu Pop Up, Obat Ganteng yang Kini Ditinggalkan2 jam laluTipsAgar Tetap Aman dan Nyaman, Pentingnya General Check Mobil Sebelum Mudik7 jam laluBeritaIni Ruas Tol Gratis Saat Mudik Lebaran 2023 7 jam laluBeritaBukan April Mop, Harga BBM Indonesia Turun Hari Ini 7 jam laluMobil ListrikBrand Lawan Tesla Ini Memperoleh Banyak Keuntungan di Pasar China9 jam laluBeritaAlasan Honda Pede Jualan Mobil Kencang Seperti All New Civic Type R9 jam laluTips4 Langkah Hemat BBM Ke Kampung Halaman10 jam laluBeritaHari Ini, Insentif PPN untuk Mobil Listrik Hanya Bayar 1 Persen12 jam lalu