BMW Bermesin Bensin Bakal Tanggalkan Huruf "i" Di Setiap Variannya

 Aditya Widiutomo    06 June, 2023
Berita

Huruf i pada nomenklatur model BMW bermesin bensin kabarnya akan dihapuskan. Seperti dikutip dari motor1.com (5/6), kabar penetapan nomenklatur baru ini akan dijalankan pada model baru BMW yang meluncur di tahun 2024 mendatang dan model pertamanya adalah seri-1 dan X3 generasi terbaru.

Dikabarkan juga, seri-1 generasi terbaru dengan kode bodi F70 akan memiliki nomenklatur tanpa embel-embel huruf i di belakangnya. Jadi, variannya dimulai dari 118 dan tipe tertingginya, yakni M135.

Begitu pula dengan X3 dengan kode bodi G45 yang akan datang. Kabarnya model ini akan menerapkan varian tanpa huruf i, seperti X3 xDrive20, X3 xDrive 30 dan seterusnya.

Tetapi untuk varian diesel, BMW masih tetap menyematkan huruf d dibelakangnya. Misalnya seperti 118d dan juga 120d.

Huruf i sendiri pada nomenklatur BMW pertama kali lahir di era tahun 80-an. Huruf i pada model-model BMW menunjukkan bahwa model tersebut sudah ditenagai oleh mesin bensin dengan sistem pasokan bahan bakar injeksi. Dengan demikian konsumen dapat membedakan dengan model-model BMW sebelumnya yang masih menggunakan mesin dengan sistem pasokan bahan bakar karburator.

Saat itu model BMW yang telah menggunakan mesin injeksi adalah BMW seri-5 E28 dan juga seri-7 E23 yang lahir di tahun 1981. Varian tersebut merupakan varian 520i untuk seri-5 dan 725i untuk seri-7.

Mungkin saja, dihilangkannya huruf i pada mobil bensin BMW menjadi transisi nomenklatur pabrikan asal Jerman tersebut karena saat ini cukup banyak mobil listrik yang dihadirkan. Seperti yang diketahui, seluruh model BMW bermesin listrik menggunakan huruf i di bagian depan nama modelnya, seperti i3,i4,i5,i7,iX dan seterusnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

KomparasiKomparasi Tenaga Motor Listrik, Kapasitas Baterai, Serta Range Mercedes-EQ EQE vs BMW i528 March 2024BeritaBMW i5 Resmi Meluncur, Hadir Dalam Satu Varian (30 FOTO)26 March 2024Mobil ListrikBMW Neue Klasse X Bisa Jadi Sumber Daya Listrik di Rumah24 March 2024BeritaBMW Z4 Dipastikan Segera Disuntik Mati, Ini Penyebabnya 17 March 2024

Trending

500 Unit Citroen e-C3 Segera Sampai Indonesia
Geber Yaris Cross Hybrid Jakarta-Bali Pake Mode Power, Berapa Konsumsi BBM-Nya?
Wuling Starlight Penggerak Listrik Resmi Meluncur, Harga Rp 244 Jutaan Saja
Solusi Buat Yang Malas Nunggu, Mobil Listrik Ini Cuma Butuh 10 Menit Untuk Dapatkan Jangkauan 432 KM
Kia Siapkan EV3, Hadang EV Murah China

Berita Terbaru

Berita Honda Kenalkan EV Baru Di China. Potensial Jadi Model Global Penantang Tesla Model Y 8 jam laluBeritaGWM Tank 500 PHEV Dapatkan Upgrade Besar. Lebih Bertenaga Dan Efisien14 jam laluMobil ListrikXPeng Bantu VW Hadirkan Mobil Listrik Terjangkau Untuk Bersaing di China15 jam laluBeritaChery Omoda 7 Segera Debut Di Beijing Auto Show 202416 jam laluTipsSetelah Digunakan Mudik, Bagian Kaki-Kaki Mobil Kerap Rusak17 jam laluBeritaSuzuki Jimny 5-door Dikirim Ke Konsumen Di Seluruh Penjuru Negeri1 hari laluBeritaAzdome, Dashcam Canggih Nan Terjangkau Untuk Tingkatkan Keamanan Berkendara1 hari laluBeritaHyundai N Brand Lahir Dari Ajang WRC1 hari lalu