Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Mengenal Teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5 pada Innova Zenix

Kendaraan hybrid sendiri dianggap mampu mengurangi zat beracun dalam emisi gas buang.
Berita - Senin, 21 November 2022 14:30 WIB
Penulis : Gemilang Isromi Nuar


Toyota memperkenalkan mobil Innova terbaru yang ditunggu-tunggu para pecinta otomotif. Dalam peluncuranya yang bertema "Global Premiere of The New Toyota Electrified Vehicle", bisa diartikan Indonesia merupakan negara pertama yang meluncurkan Toyota Kijang Innova Hybrid Zenix. 

Kendaraan hybrid sendiri dianggap mampu mengurangi zat beracun dalam emisi gas buang. Motor/generator listrik juga digunakan untuk mengurangi beban pada mesin bensin saat mengemudi, membantu mengurangi jumlah keseluruhan emisi.

Apalagi kini Innova hadir dalam varian Hybrid yang mampu menghadirkan ever-better cars yang dapat mewujudkan mobilitas ramah lingkungan. Di mana Toyota juga menyematkan teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5 pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV. 

BACA JUGA

Mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS pada All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV
menghasilkan tenaga 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 19,1 Kgm pada 4.400-5.200 rpm.
Menariknya, ketika melaju kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini akan diperkuat oleh motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 21 Kgm sehingga menghasilkan tenaga gabungan 186 PS pada sistem.

Motor listrik yang compact juga dikembangkan komponen di dalamnya untuk
meningkatkan power output. Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga
ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya untuk menyediakan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi.

Baterai hybrid Ni-MH kini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah
kedua jok depan tanpa mengurangi ruang di area kabin. Terdapat juga filter pada tutup saluran udara pendingin baterai, sehingga penumpukan debu di jalur pendinginan
ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai.

Dikutip dari Toyota.astra.co.id, Corolla Cross yang dipasarakan di Eropa adalah model Toyota pertama secara global yang memanfaatkan sistem hibrida generasi kelima yang baru. Powertrain Toyota generasi ke-5 dilengkapi self-charging, full hybrid FWD atau AWD-i (intelligent-all-wheel drive), dengan torsi dan tenaga listrik lebih besar, efisiensi lebih optimal, dan peningkatan kenikmatan berkendara.

Pros transmisi atau Transaxle telah direkayasa ulang bersama dengan sistem pelumasan baru dan sistem distribusi yang menggunakan oli dengan viskositas rendah. Ini berkontribusi pada peningkatan efisiensi dan tenaga berkat berkurangnya kerugian listrik dan mekanis.

Innova Zenix Masuk Produk Elektrifikasi

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019, ada empat jenis mobil elektrifikasi, yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV). Dari situ mobil hybrid dikelompokkan menjadi dua, yakni Hybrid Electric Vehicle dan Plug in Hybrid Electric Vehicle.

Berdasarkan aturan itu definisi full hybrid adalah kendaraan Hybrid Electric Vehicle yang memiliki fungsi mematikan mesin secara otomatis saat berhenti sejenak (idling stop), pengereman regeneratif (regenerative braking), alat bantu gerak berupa motor listrik (electric motor assist), dan mampu digerakkan sepenuhnya oleh motor listrik (EV running mode) untuk waktu atau kecepatan tertentu'.

Aturan baru pada Peraturan Pemerintah No 74 tahun 2021 atas barang kena pajak yang tergolong mewah pada kendaraan bermotor, menjadikan adanya perubahan mengenai pajak mobil hybrid.

Berdasarkan pasal 36A menyebutkan bahwa kendaraan PHEV yang memiliki konsumsi bahan bakar lebih dari 28 km/liter akan dikenakan tarif PPnBM 15% dengan dasar pengenaan pajak 31,3% dari harga jual. Sementara itu, mobil listrik BEV dan FCEV tetap 0%.

Kemudian, pada pasal 26 PP 74/2021 menyebutkan bahwa pajak mobil hybrid komponen PPnBM berubah menjadi sebesar 15% dengan Dasar Penanganan Pajak 40% dari harga jual.


Tags Terkait :
Toyota Toyota Innova Zenix Hybrid
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Jualan Melempem, Toyota C-HR Akan Dihentikan Kiprahnya di Kanada

1 tahun yang lalu


Berita
Mengenal SUV Baru Toyota Bernama Venza

2 tahun yang lalu


Berita
Inikah SUV Hybrid Toyota Penerus RAV4?

4 tahun yang lalu


Berita
Renault All New Kwid Hadir Tahun Depan, Lebih Modern dan Besar

4 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Bukan Bule, Justru Orang Asia Pengguna Mobil Mewah Tahan Peluru Pertama Di Dunia

1 jam yang lalu


Berita
BMW Seri-6 Bakal Terlahir Kembali, Tapi XM Tak Punya Penerus

3 jam yang lalu


Berita
Bukan Carnival Apalagi EV9, Inilah Mobil KIA Terlaris Saat Ini

7 jam yang lalu


Berita
GIIAS 2024: Ada Apa Saja Di Sana, Panduan Lengkap, Peserta, Tiket Dan Shuttle

8 jam yang lalu


Berita
BYD Kembali Lewati Tesla Sebagai Penjual Mobil Listrik Terlaris di Dunia, Ini Buktinya

11 jam yang lalu