Kini Perpanjang SIM Makin Mudah, Kartu Fisik Dikirim ke Rumah

 Gemilang Isromi Nuar    28 November, 2022
Berita

Kadang kala, banyak pengendara kendaraan bermotor yang kedapatan belum memperpanjang SIMnya lantaran proses pembuatannya dianggap rumit. Padahal, saat ini mengurus pembuatan SIM bisa dilakukan dengan mudah.

Perpanjangan SIM sendiri dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, dan prosesnya dijamin mudah dan cepat. Jika SIM sudah jadi, kartu fisik akan dikirimkan langsung ke alamat pemohon.

"Perpanjangan SIM tidak perlu antre, kini Anda dapat melakukan perpanjangan SIM secara online dengan mudah dan cepat melalui layanan SINAR (SIM Nasional Presisi). SIM akan langsung dikirim ke rumah Anda," ujar pemberitahuan yang tertera di situs digitalkorlantas.id, Minggu (27/11).

Berikut adalah syarat untuk melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, Secara Online Berikut ini

– SIM lama.
– E-KTP.
– Hasil pemeriksaan kesehatan (rikkes) jasmani.
– Hasil tes psikologi.
– Pasfoto (bukan foto selfie) dengan latar berwarna biru.
– Foto tanda tangan di atas kertas putih polos dengan tinta yang tebal.

Pastikan dokumen-dokumen tersebut tidak buram, hal ini untuk memudahkan verifikasi data dan untuk menghindari penolakan Satpas.

Cara Perpanjang SIM via Online

Setelah lengkap semua dokumennya, Anda baru bisa memperpanjang SIM secara online dengan langkah berikut ini.

– Unduh aplikasi Digital Korlantas Polri di PlayStore (berbasis Android)
– Kemudian lakukan registrasi aplikasi dengan mengisi nomor handphone, lalu Anda akan menerima kode OTP via SMS.
– Masukkan kode OTP kemudian buat PIN dan konfirmasi PIN.
– Lengkapi profil di menu “Profile” dengan mengisi nomor NIK, Nama, dan email. Kemudian akan menerima email untuk aktifasi akun.
– Lakukan verifikasi E-KTP dengan melakukan foto Liveness.
– Sebelum melakukan permohonan perpanjangan SIM, mohon untuk menyiapkan dokumen pendukung seperti: E-KTP, foto SIM lama, tanda tangan di atas kertas putih, dan pasfoto dengan latar berwarna biru.
– Lakukan tes Rikkes jasmani di erikkes.id dan tes psikologi di app.eppsi.id yang hanya dapat dibuka melalui browser pada handphone.
– Setelah itu lakukan permohonan perpanjangan SIM dengan mengklik “Menu SIM” dan pilih “Perpanjangan SIM”.
– Unggah dokumen yang diperlukan untuk melakukan perpanjangan SIM.
– Pilih Satpas penerbit lalu masukkan nomor rekening pengembalian untuk pengembalian dana jika pengajuan perpanjangan SIM ditolak oleh Satpas dikarenakan dokumen pengajuan tidak memenuhi persyaratan
– Pilih metode pengiriman/metode pengambilan, jika memilih metode pengiriman Pos Indonesia, masukkan alamat pengiriman.
– Pilih metode pembayaran jangan lupa untuk mengklik “Lihat Nomor Rekening” dan lakukan pembayaran dengan virtual account BNI.
– Periksa status transaksi Anda secara berkala di menu transaksi dan jika SIM telah diterima, isi indeks kepuasan pelanggan.
– Transaksi perpanjangan SIM selesai dan SIM baru akan terdigitalisasi setelah mengeklik tombol “Perbarui”.

Biaya Perpanjangan SIM Online

Biaya Perpanjangan SIM Online

- Biaya perpanjangan SIM A 2022: Rp 80 ribu.
- Biaya perpanjangan SIM B 2022: Rp 80 ribu.
- Biaya perpanjangan SIM C 2022: Rp 75 ribu.
- Biaya perpanjangan SIM D 2022: Rp 30 ribu.
- Biaya tes psikologi: Rp 27, 5 ribu
- Biaya RIKKES Jasmani: Rp 25 ribu.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru seputar otomotif roda empat setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Bagikan

Rekomendasi Untuk Anda

BeritaKini Bayar Pembuatan SIM Baru Bisa dengan Sampah09 January 2023BeritaPolisi Bakal Bikin Buku Buat Pemohon SIM04 January 2023TipsIni Komponen yang Wajib Ada di Kendaraan saat Musim Hujan05 December 2022TipsPersiapkan Manajemen Perjalanan saat Musim Hujan Tiba28 November 2022

Trending

Ada Banyak Varian, Suzuki Grand Vitara Bisa Dipesan Mulai Rp 5 Juta
Tak Hanya Tesla, BYD Group Siap Investasi Mobil Listrik di Indonesia
Sebaiknya Subsidi Kendaraan Listrik Bukan untuk Konsumen di Pulau Jawa
Mulai 2025, Semua Kendaraan Listrik di Indonesia Bebas Pajak
Kisah Kegigihan Mazda Ciptakan Model Lampu Sein Baru. Tak Mudah namun Menabjubkan

Berita Terbaru

BeritaGoodyear Berikan Garansi Ban 12 Bulan, Ban Benjol atau Robek Langsung Diganti3 jam laluTipsBanyak Yang Belum Tahu, Menutup Bagasi Sebaiknya Dibanting atau Ditekan?4 jam laluBeritaSegini Prediksi Harga Suzuki Grand Vitara Yang Meluncur di Indonesia5 jam laluBeritaPenjualan 2022 Meningkat Tajam, KIA Andalkan 3 SUV Ini8 jam laluBeritaIndonesia Akan Jadi Sentra Produksi SUV Monokok Pengganti Innova dan Pajero Sport9 jam laluBeritaBukan Jepang atau Korea. China Jadi Pesaing Terbesar Industri Kendaraan Listrik10 jam laluBeritaInilah 10 Brand China Yang Paling Banyak Ekspor Mobil Keluar Negeri Termasuk ke Indonesia10 jam laluBeritaAda Aturan Ketat untuk Mendapatkan Pelat Nomor Khusus11 jam lalu