Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Massiv Akan Luncurkan Aki Yang Lebih Awet Dari Aki OEM

Aki ini baru akan memasuki pasar pada Januari 2022
Berita - Kamis, 9 Desember 2021 16:00 WIB
Penulis : Suryo Sudjatmiko


Baterai atau aki maintenance free atau biasa disebut MF merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi yang menyasar pada orang-orang yang cukup sibuk.

Sesuai dengan namanya, aki ini memang dirancang sedemikian rupa dapat bertahan tanpa adanya perawatan. Namun salah satu isu yang ada bahwa usia pakai jenis baterai MF ini lebih pendek dari baterai konvensional.

Nampaknya hal ini akan segera ditepis, karena Massiv battery memperkenalkan satu produk aki MF yang diklaim lebih awet dari aki OEM (original equipment manufacture).

BACA JUGA

Untuk mengetahui kemampuan tersebut, maka aki MF ini harus menjalani serangkaian tes. Salah satunya dengan menempatkannya  ke dalam ruang bersuhu 75 derajat celcius untuk menyimulasikan kondisi di dalam kompartemen mesin. "Ini untuk memenuhi standar dari pabrikan, bahkan kami ada di atas kemampuan OEM mobil," paparnya.

Terdapat dua poin pengembangan aki Massiv Thunder untuk menambah performa barunya. Pertama, Massiv Thunder memiliki daya starter tinggi (High Cranking Ampere) dan usia pakai yang lebih lama.

Upaya yang dilakukan oleh pihak Massiv adalah melakukan ubahan pada desain anyar pelat menggunakan desain center lug. Desain ini memungkinkan distribusi arus listrik di dalam baterai lebih baik dan efektif. Hal ini membuat daya starter lebih tinggi ketimbang sebelumnya side lug.

"Sementara untuk poin usia pakai lebih lama dikarenakan pengembangan seperti penambahan spesial alloy yang meningkatkan ketahanan terhadap korosi. Massiv menambahkan unsur timah putih (SN) untuk meningkatkan umum pakai baterai," urai Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head Massiv.

Selain itu, aki baru ini juga menerapkan teknologi expanded dalam proses pembuatan pelat. Teknologi ini juga diaplikasikan saat proses pedinginan (cold process), sehingga struktur kristal timah lebih solid.

Menurut Massiv, usia rata-rata pemakaian aki adalah 12 bulan. Dengan klaim 10% lebih kuat berarti usia aki bertambah hingga menjadi sekitar 14 bulan.  

Namun sayang sekali, aki Massiv Thunder ini masih dalam tahap produksi dan baru akan sampai di pasaran pada minggu keempat Januari 2022.

Mengenai harga Massiv cukup bersahabat, aki ini dibanderol mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta. 


Tags Terkait :
Aki Massiv Thunder MF
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Tips
Tanda Aki Mobil Minta Jajan, Apa saja?

11 bulan yang lalu


Berita
Teknologi Terkini Aki Massiv untuk Pasar Otomotif Dunia

2 tahun yang lalu


Berita
Massiv Akan Luncurkan Aki Yang Lebih Awet Dari Aki OEM

2 tahun yang lalu


Tips
Masih Gunakan Aki Basah Di Mobil Anda? Begini Cara Merawatnya

9 bulan yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

1 jam yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

2 jam yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

3 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

5 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

18 jam yang lalu