Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Catatan OtoDriver Dalam Pengujian CMBS Honda N Box

Mobil bertransmisi matic yang kami kemudikan sudah melesat dalam 29 km/jam seketika Fujikai-san berseru memerintah "pedals off!".
Berita - Sabtu, 9 November 2019 14:00 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


Dalam beberapa bulan terakhir, OtoDriver setidaknya telah tiga kali mendapat kesempatan mencicipi fitur pengereman otomatis. Pada Honda disebut Collision Mitigation Brake System (CMBS) sedangkan pada Daihatsu disebut Smart Assist.

Pengujian yang paling terkini adalah menggunakan Honda N Box di kawasan sirkuit Motegi, Jepang beberapa pekan lalu. Kami dipersilakan melesatkan mobil bertampang unik ini di sebuah trek lurus.

BACA JUGA

"Tekan pedal gas sampai jarum menunjukkan 30 km/jam kemudian lepas, jangan injak pedal rem, ya!," tukas Fujikai-san selaku Advance Driver Assistance System Engineer Honda yang mendampingi kami melakukan pengujian seru ini.

Bagi yang tak terbiasa, atau belum pernah menggunakan fitur ini, mungkin akan timbul rasa tak takut untuk tak menekan pedal rem. Pasalnya kami diwajibkan melesatkan Honda kei car ini di trek lurus dengan sebuah miniatur mobil ukuran asli menunggu dalam posisi diam.

Sebelum dipersilakan mengemudi, OtoDriver mendapat contoh singkat dari Fujikai-san, Advance Driver Assistance System Engineer Honda

Miniatur berbahan gabus tersebut mensimulasikan kondisi rem mendadak yang dilakukan mobil di depan kita saat berada di jalanan sungguhan. 

Mobil bertransmisi matic yang kami kemudikan sudah melesat dalam 29 km/jam seketika Fujikai-san berseru memerintah "pedals off!". Karena tak setiap hari OtoDriver mengemudi mobil berfitur seperti CMBS ini maka ada rasa tak percaya diri juga. Bayangan akan sistem ini tak bekerja dan membuat mobil bertampang imut ini menghantam miniatur lamat-lamat terlintas di benak kami.

Foto: Danu (Motegi)

Jelang beberapa meter dari "objek tabrak" audio peringatan potensi bahaya yang merupakan bagian dari CMBS berbunyi nyaring. Hanya kurang dari satu meter dari mobil miniatur, dada terasa agak sesak karena seatbelt otomatis lebih kencang dan mobil berhenti.

"Walau sudah berhenti, peran pengemudi tetap dibutuhkan. Anda harus kembali injak rem penuh agar mobil ini berhenti total," tukas Fujikai-san dengan santainya.

Jadi, kerja CMBS sendiri memang hanya membantu pengereman dalam kondisi mendadak. Hal ini tentu sangat membantu dalam menghindari kecelakaan tabrak depan saat pengemudi tak sempat melalukan pengereman.

OtoDriver membiarkan CMBS bekerja, kaki tak menyentuh pedal apapun

Saat CMBS telah bekerja dan mobil berhenti, Anda harus menekan rem karena mobil tetap akan menggelinding pelang. Hal ini karena kerja CMBS selesai setelah mobil berhenti saja. 

Dari pengujian yang kami lakukan, CMBS juga tak akan aktif manakala saat "objek tabrak" sudah dekat namun pengemudi melakukan pengereman, walau sedikit.

Di tanah air, model Honda yang sudah menganut CMBS adalah Accord generasi terbaru. 


Tags Terkait :
Honda N Box Keselamatan
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Terseret Skandal Di Jepang, Honda Indonesia: Jangan Khawatir

3 minggu yang lalu


Berita
Brio Laris Manis di Indonesia, Sementara di Jepang Honda Ini Yang Justru Paling Laku

2 tahun yang lalu


Berita
Catatan OtoDriver Dalam Pengujian CMBS Honda N Box

4 tahun yang lalu


Berita
Inilah Mobil-Mobil Terlaris Di Jepang Bulan Juni

3 minggu yang lalu


Berita
Honda N-Box Generasi Ketiga Segera Meluncur, Intip Spesifikasinya

10 bulan yang lalu


Tips
Waktu Berbuka Puasa Tiba Saat Berkendara? Ketahui Hal Ini

1 tahun yang lalu


Berita
Honda Akan Jual Mobil Listrik Lebih Murah dari Wuling Air EV

1 tahun yang lalu


Berita
Honda Boyong Kei-Car Ke Indonesia

1 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Penantang Jimny 5-Door Bakal Dijual Rp 280 Jutaan, Simak Bocorannya

1 jam yang lalu


Berita
Beli Wuling Berhadiah Air ev dan BinguoEV

13 jam yang lalu


Berita
Awalnya Dilarang Masuk Komplek Pemerintahan, Kini Tesla Model Y Bakal Jadi Mobil Pemerintah China

13 jam yang lalu


Berita
Bekerja Sama Dengan PLN, GAC Aion Bantu Pemerintah Kejar Target 3.000 Unit SPKLU Sepanjang Tahun

13 jam yang lalu


Berita
Geely Perkenalkan Short Blade Battery, Apa Keunggulannya?

13 jam yang lalu