Menu



OtoDriver logo Member of : Logo PT. Bintang langit Multimedia

Copyright © 2024. Otodriver.com. All rights reserved.
Beranda / Berita

Sempat Tertunda, 1.900 Unit Kijang Innova dan 5.700 Fortuner Sukses Diekspor

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengumumkan All New Kijang Innova dan Fortuner akhirnya sukses diekspor sejak Maret 2016. Sebelumnya TMMIN sempat menghentikan ekspor karena alasan ini.
Berita - Rabu, 27 April 2016 13:00 WIB
Penulis : Danu P Dirgantoro


PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengumumkan bahwa All New Kijang Innova dan All New Fortuner sukses diekspor sejak bulan Maret 2016. Sebelumnya TMMIN sempat menghentikan sementara kegiatan ekspor dua mobil ini selama kurang lebih lima bulan menyusul adanya persiapan produksi model terbaru tiap model tersebut. 

Saat itu alasan utama penghentian sementara kegiatan ekspor karena TMMIN memfokuskan diri untuk memenuhi permintaan pasar domestik terlebih dulu. “Kami ingin memastikan bahwa kebutuhan pasar domestik sudah terpenuhi sebelum melakukan ekspor. Ini merupakan langkah strategis kami sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di kawasan Asia Pasifik,” ungkap Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

Mobil yang masuk kategori Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV) ini merupakan produk yang menjadi andalan ekspor Toyota Indonesia. Kijang Innova dan Fortuner diekspor ke negara-negara di kawasan Asia-Pasifik, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Sepanjang bulan Maret 2016 yang merupakan bulan pertama kegiatan ekspor IMV, tercatat 1.900 unit All New Kijang Innova dan 5.700 unit All New Fortuner telah meluncur ke pasar global. 

BACA JUGA

“Hampir separuh dari total ekspor disumbangkan oleh model IMV. Hal ini menunjukan bahwa kendaraan ini merupakan model global yang juga disukai di banyak negara. Kami sangat bangga bahwa Kijang Innova dan Fortuner made in Karawang bisa dinikmati bukan hanya oleh konsumen dalam negeri tetapi juga konsumen di pasar global,” ungkap I Made Dana Tangkas, Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Tidak hanya kendaraan utuh, Toyota Indonesia juga mengekspor kendaraan terurai (Completely Knock down/CKD) sebanyak 3.400 unit, mesin utuh berbasis bensin dengan tipe TR sebanyak 4.200 unit serta komponen kendaraan sebanyak 6,4 juta unit sepanjang bulan Maret 2016.

Kegiatan ekspor yang telah dimulai dari tahun 1987 ini melibatkan sebanyak 25 perusahaan logistik serta 135 pemasok komponen. “Kami berharap kinerja ekspor yang konsisten dan berkesinambungan ini dapat menjadi bagian dari penggerak pembangunan industri otomotif Indonesia,” tutup Warih.


Tags Terkait :
Toyota All New Kijang Innova All New Fortuner
Bagikan Ke :


Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.


Road To GIIAS 2024
Artikel Terkait

Berita
Terkaan Wujud Toyota Fortuner Generasi Terbaru

8 bulan yang lalu


Berita
Next Gen Toyota Fortuner Melenggang Tahun Depan

9 bulan yang lalu


Berita
Terkaan Fortuner Generasi Terbaru, Punya Sunroof Hingga Andalkan Mesin Diesel Hybrid

9 bulan yang lalu


Berita
Segini Harga All New Toyota Corolla Cross Hybrid GR Sport

1 tahun yang lalu


Berita
Nama Kijang Tetap Disematkan di Depan Emblem Innova Zenix

1 tahun yang lalu


Berita
Toyota All New Innova Dibuat Akhir tahun Ini. Kapan Meluncur?

1 tahun yang lalu


Berita
Jalankan Strategi Baru, Dunlop Perkenalkan 4 Ban Berteknologi Tinggi

1 tahun yang lalu


Komparasi
Komparasi Performa Mesin Fortuner, Pajero Sport Dakar dan, Terra dan MU-X

2 tahun yang lalu


Terkini

Berita
Daihatsu Sigra Kembali Muncul Sebagai Penguasa Segmen LCGC

5 menit yang lalu


Mobil Listrik
BMW Tengah Lakukan Pengujian Pada EV Dengan Desain Radikal

54 menit yang lalu


Berita
Toyota Sediakan Fasilitas Ultra Fast Charging 120 kW Di Mall Ini

2 jam yang lalu


Berita
Mazda Suntik Mati MX-5 Miata 2.0 Liter. Sisakan Versi Mesin 1.5 Liter

4 jam yang lalu


Berita
Aito Diakusisi DFSK Seres, Aito M9 dan M7 Siap Mejeng di GIIAS 2024

17 jam yang lalu