Selepas Penggantian Ban, Jangan Lupakan Balancing!

Selepas Penggantian Ban, Jangan Lupakan Balancing!

Selain perawatan spooring, balancing pun tidak kalah pentingnya. Apalagi jika Anda melakukan penggantian ban, balancing menjadi tradisi wajib.

Balancing sendiri memiliki pengertian penyeimbangan kombinasi berat ban dengan velg agar putaran roda lurus . Pada saat roda berputar menggelinding pada permukaan jalan, mereka akan menyalurkan gaya dan torsi pada sumbu roda.

Balancing memastikan agar beban tiap velg dan ban terdistribusi dengan baik dan merata pada seluruh lingkar ban dan velg tersebut. Jika sudah demikian, maka ban akan menggelinding dengan sempurna, habis secara merata, dan awet, sehingga berkendara pun menjadi nyaman

Lantas, mengapa balancing dibutuhkan selepas melakukan penggantian ban? Abeng selaku pemilik bengkel ban Victory Auto Sport menyebutkan bahwa spesifikasi antara ban lama dengan ban baru perlu dilakukan penyesuaian.

“Tentu ada beberapa faktor. Ban yang sudah berumur tentu memiliki bobot yang berbeda dengan ban baru. Kemudian merek ban yang berbeda juga memiliki perbedaan karakter. Balancing ini supaya beban tiap pelek dan ban terdistribusi dengan baik sehingga perlu dilakukan setiap kali penggatian ban,” jelasnya saat dihubungi oleh tim OtoDriver (30/8).

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com