Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Menganggu Sinyal Handphone?

Benarkah Kaca Film Mobil Bisa Menganggu Sinyal Handphone?

Penggunaan kaca film kendaraan sudah menjadi kebutuhan wajib setiap pengendara, aksesoris yang kini menjadi wajib digunakan dapat membuat pengendara tetap nyaman dalam berkendara dalam kondisi terik sekalipun. Bicara kaca film sering dikaitkan dengan lemahnya gangguan sinyal handphone, Anda pernah merasakan? Tentunya kondisi tersebut dapat menganggu pengendara baik untuk komunikasi hingga navigasi (maps). 

Lantas apakah benar kaca film dapat menanggung sinyal?

Menurut Iwan Pratama, Sr. Application Engineer PT 3M Indonesia, kaca film dengan bahan tertentu memang dapat menganggu. "Bahan yang dapat menganggu sinyal yaitu nano metal. Seperti halnya ada di dalam lift pasti sinyal susah," katanya, di Jakarta, Selasa (28/06). 

Perlu diketahui nano metal merupakan salah satu bahan kaca film yang terbuat dari kandungan logam mental. Sebenarnya bahan ini sendiri memiliki durabilitas yang sangat baik. 

Kali ini Otodriver berkesempatan melihat eksperimen langsung sebuah kaca yang dilengkapi dengan bahan nano metal dan tidak. Di mana, sebagai contoh sebuah handphone di masukan ke dalam tabung dengan musik yang menyala dan disambungkan ke handphone melalui bluetooth. Pada kesempatan tersebut terdapat lubang yang sengaja di tutup menggunakan kaca film dengan berbagai jenis bahan, salah satunya nano metal.  Hasilnya menunjukkan bahwa kaca film yang ditutup menggunakan kaca dengan bahan metal otomatis musik yang terhubung mati alias jaringan terputus. Sementara, dengan bahan lain musik masih terus berlangsung. 

"Karena teknologi terdahulu hanya menambahkan kandungan metal untuk memantulkan panas matahari. Tapi seiring berjalannya waktu setiap orang membutuhkan sinyal saat membawa mobil dan metal dapat menganggu kenyamanan," tambahnya. 

Lebih lanjut ia mengatakan ada beberapa faktor lain yang memengaruhi sinyal di dalam mobil. Seperti jauh dari satelit yang untuk mendapatkan sinyal atau berada di dalam ruangan yang tertutup. 

Bagi orang awam yang ingin menggunakan kaca film memang wajib mengetahui bahan yang digunakan. Namun, ada beberapa ciri-ciri kaca film mengandung mental. 

"Pada umumnya itu ada kaitannya dengan tren, dahulu itu ada tren dimana kaca film bisa memantulkan, tapi sekarang berbeda. Nah, untuk cirinya ada pantulan tangan saat melihat spion dan dapat menganggu pandangan saat berkendara," tungkasnya. 

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com