Ganti Oli Harus Rutin Meski Mobil Tidak Digunakan, Begini Alasannya

Ganti Oli Harus Rutin Meski Mobil Tidak Digunakan, Begini Alasannya

Ketika mobil Anda tidak digunakan dalam waktu yang lama. Maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan menyeluruh terlebih dahulu, untuk memastikan kondisinya tetap prima.

Lantas sebagai langkah awal, sebaiknya mobil yang sudah lama tidak digunakan tersebut langsung diganti olinya. Hal tersebut dapat membuat mesin lebih segar dan siap untuk kembali digunakan.

Mengapa penggantian oli harus tetap dilakukan meskipun mobil tidak digunakan? Berikut ini share dari Honda memberikan beberapa informasi mengenai pentingnya mengganti oli :

1. Mengurangi gesekan

Mesin kendaraan pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen yang bergerak dan saling bergesekan. Nah, di sinilah oli memainkan peran untuk mengurangi efek gesekan tersebut agar mesin tidak bekerja terlalu keras.

Jika komponen mesin tidak mendapatkan cukup pelumasan, mesin akan cepat aus sehingga performa mobil akan menurun dan tidak optimal. Bahkan, mobil bisa mengalami turun mesin atau mogok jika oli tidak diganti secara berkala.

2. Mendinginkan mesin

Gesekan antar komponen pada mesin mobil menghasilkan suhu panas yang cukup tinggi. Selain itu, panas juga dihasilkan saat terjadi pembakaran di ruang mesin.

Pada proses tersebut, oli bertugas mendinginkan komponen mesin, terutama piston dan dinding silinder dengan menyerap panas. Alhasil, suhu pada mesin mobil akan terjaga dan menghindari overheat atau panas yang berlebihan.

3. Mencegah karat

Seperti diketahui, komponen-komponen mesin mobil sebagian besar terbuat dari logam. Oleh karena itu, mesin memerlukan oli berkualitas untuk mencegah karat pada permukaan logam.

Di sinilah peran pelumas yang berfungsi melapisi komponen mobil agar tetap terjaga performa dan keawetannya.

4. Membersihkan mesin

Selain mengurangi gesekan antar komponen, oli bertugas untuk membersihkan mesin. Saat bersirkulasi, oli akan membawa atau mendorong setiap kotoran, seperti sisa karbon pembakaran atau partikel logam akibat gesekan ke bak penampung oli (oil pan).

Di dalam oil pan, kotoran-kotoran tersebut akan disaring dan dikumpulkan oleh magnet yang telah terpasang.

Mengingat fungsi oli mesin menjadi salah satu komponen penting bagi kendaraan, maka penggantian oli mesin harus dilakukan secara rutin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

• Kondisi Normal : Ganti setiap 6 bulan atau 10.000 KM

• Kondisi Berat : Ganti setiap 3 bulan atau 5.000 KM

• Untuk mesin turbo : Ganti ketika indicator oil life menyala atau setiap 6 bulan

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com