Bumper Plastik Pertama Di Dunia Ada Di Sebuah Muscle Car Amerika

Bumper Plastik Pertama Di Dunia Ada Di Sebuah Muscle Car Amerika

Pada umumnya, bumper mobil modern saat ini menggunakan bahan dari plastik. Walau di dalamnya terdapat wujud bumper sesungguhnya yang menggunakan material besi, alumunium, komposit fiber glass ataupun plastik keras.

Kemunculan bumper plastik ini justru bukan dari mobil asal Eropa yang dikenal cukup inovatif, melainkan hadir dari sebuah muscle car.

Pontiac GTO lansiran 1968 dikenal sebagai mobil pertama di dunia yang menggunakan bumper depan berbahan plastik. Tak hanya itu, bumper ini memberikan warna lain bagi muscle car ini lantaran untuk pertama kalinya dunia mendapatkan sebuah mobil sedan dengan bumper sewarna bodi.

Kehadiran bumper plastik pada GTO sama sekali bukan disasar untuk mereduksi berat kendaraan, namun ditujukan untuk menciptakan sebuah bumper yang mampu menyerap benturan pada kecepatan rendah tanpa terjadi deformasi permanen. Hal yang menjadi kelemahan pada bumper besi.

Bahan plastik yang disebut General Motors sebagai Endura ini muncul dalam iklan yang membuktikan keunggulan bumper baru itu. Adalah John DeLorean salah satu petinggi GM yang saat itu memukul bumper plastik ini dengan sebuah palu godam dan tidak menimbulkan kerusakan sama sekali.

Tak lama kemudian, langkah Pontiac ini diikuti oleh pabrikan Amerika lainnya yakni Plymouth yang menggunakan bahan yang kurang lebih sama pada Barracuda lansiran 1970.

Selanjutnya hampir semua brand mobil di dunia mengikuti langkah ini dan langkah ini semakin populer lantaran selain mampu meredam energi tabrakan juga mampu mereduksi bobot.

 

Baca Juga

     
    Rekomendasi

    Bus-truck.id

      Otorider.com