4 Langkah Agar Suspensi Mobil Anda Tetap Awet

4 Langkah Agar Suspensi Mobil Anda Tetap Awet

Sistem suspensi sangat berperan penting dalam menjaga stabilitas dan meredam guncangan ketika mobil melibas berbagai medan. Tanpa sistem suspensi yang bekerja optimal, mobil pasti tidak akan terasa nyaman dikendarai karena getaran dan hentakan antara roda dengan jalan akan begitu terasa di dalam kabin.

Agar perjalananmu tidak terganggu karena schockbrekker yang keras dan terpaksa harus berjalan pelan untuk menghindari benda-benda di dalam kabin berantakan, beberapa tips berikut bisa kamu coba demi menjaga suspensi mobil selalu empuk dan awet.

 

1. Ringankan Beban Schockbrekker

Setiap mobil memiliki kemampuan daya angkut yang disesuaikan dengan tipe dan jenis kendaraanya. Untuk kamu yang selalu padat dengan aktivitas, mobilitas tinggi dan harus membawa banyak barang atau penumpang, usahakan untuk tetap memperhitungkan kapasitas payload mobil dan tidak sampai overload.

2. Jangan Lupa Jaga Kebersihan Mobil

Memiliki kendaraan yang selalu tampil cantik dan bersih sudah pasti menjadi dambaan setiap pemilik mobil. Sembari membilas bodi mobil, jangan lupakan untuk merontokkan debu atau kotoran yang menempel pada sudut-sudut sempit schockbrekker, karena kotoran yang terlalu lama mengerak berpotensi merusak seal dan menurunkan masa pakai penutup tabung suspensi.

 

3. Hindari Jalanan Terjal dan Berlubang

Jalanan terjal bergelombang dan berlubang tentu menjadi momok bagi setiap orang. Ketika kamu tidak bisa menghindari kontur jalan yang sedemikian, usahakan untuk melewatinya dengan kecepatan serendah mungkin sampai mobil mampu melaju dengan lembut, tanpa hentakan yang terlalu mengguncang supaya kerja suspensi mobil Anda tidak berat.

4. Pastikan Rubber Seal Diganti Secara Berkala

Selain membersihkan seluruh bagian schockbrekker, pastikan juga bahwa tabung masih dalam kondisi bagus tanpa ada rembesan oli yang biasanya disebabkan oleh seal yang telah habis masa berlakunya."Umumnya, mengganti seal secara rutin sesuai rekomendasi dealer mulai dari jarak tempuh 45.000 Km hingga 50.000 Km, atau bisa dicek setiap sebelum ingin menempuh perjalanan jauh," ucap Yitno dari Bengkel Putra Mitra di kawasan Pondok Pinang.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 

Bagikan

Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com