Intip Mesin 1.0 Turbo Toyota Raize, Seberapa Mirip Dengan Agya?

Intip Mesin 1.0 Turbo Toyota Raize, Seberapa Mirip Dengan Agya?

Kehadiran duet SUV mini, Daihatsu Rocky dan Toyota Rocky jadi perhatian di kawasan Asean. Salah satu bagian yang menarik dari mobil tersebut adalah mesin versi 1.000 cc yang akan disematkan.

Bukan hanya karena mengusung teknologi turbo. Namun mesin berkode 1KR-VET tersebut juga mirip dengan kepunyaan Toyota Agya, yakni 1KR-VE. Lalu semirip apa mesin tersebut?

Seperti dikutip dari Paultan, mesin 1KR-VET yang digunakan Perodua Ativa (Rocky/Raize versi Malaysia) memang masih dari keluarga Toyota KR. Tapi secara teknologi lebih erat ke 1KR-VE yang sudah VVT-i daripada 1KR-DE milik Daihatsu Ayla 1.0.

Kemiripan kedua mesin tiga silinder tersebut cukup banyak. Mulai dari blok almunium, jumlah silinder hingga ukuran bore 71 mm pun sama. Selain itu, jeroan macam valve timing, camshaft, timing chain dan valve juga sama.

Namun pada bagian pistonnya berbeda. Di mana mesin 1KR-VET memiliki stroke 0,1 mm lebih pendek dari Agya yang berukuran 83,9 mm.

Meski terlihat kecil, tapi secara perhitungan volume bersih, mesin Raize terpangkas 2 cc lebih kecil dari Agya. Yakni 996 cc untuk Raize dan 998 cc pada Agya.

Bukan hanya mengurangi volume mesin, pemangkasan ukuran stroke tersebut juga dilakukan untuk mengurangi angka perbandingan kompresi. Pada mesin Agya, kompresinya dipatok cukup tinggi, yakni 11,5:1 dan Raize cukup 9,5:1.

Pengurangan kompresi tersebut patut dilakukan di mesin turbo. Karena nantinya akan ada lonjakan kompresi dari turbo yang jika angkanya terlalu tinggi bisa menimbulkan knocking mesin.

Raize sendiri dibekali turbo tipe single-scroll dan intercooler di bagian depan. Untuk menghemat biaya operasional, sistem BBM akan tetap memakai multi-point injection reguler ketimbang direct injection.

Dengan spek tersebut saja, mesin 1KR-VET sudah jauh lebih bertenaga dari 1KR-VE. Lonjakan dayanya diklaim mencapai 30 PS (98 PS) dari standarnya 68 PS. Sedangkan torsinya nyaris naik 50 Nm menjadi sebesar 140 Nm dari sebelumnya yang hanya 90 Nm.

 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com