Penjualan EV di Indonesia 2023 Mencapai 1,9%, Bandingkan Dengan di Korea Selatan, China dan USA

Penjualan EV di Indonesia 2023 Mencapai 1,9%, Bandingkan Dengan di Korea Selatan, China dan USA

OTODRIVER - Data Kementerian Agraria, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan menunjukkan mobil listrik menguasai 9,3 persen penjualan mobil baru di Korea Selatan pada 2023.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, maka Korea Selatan yang notabene punya brand besar seperti Hyundai dan KIA, memiliki market share mobil listrik yang lebih banyak.

Di Indonesia sendiri, menurut informasi yang didapat Chief Operating Officer PT HMID Fransiscus Soerjopranoto, angka penjualan mobil listrik sudah mencapai 1,9 persen dari total 942.499 unit mobil terjual sepanjang 2023.

Namun begitu jika di Indonesia mengalami kenaikkan, di Korea Selatan justru angka tersebut merupakan penurunan. 

KIA EV 9 yang sudah dijual di Indonesia

Karena, angka penjualan mobil listrik 2022 di Korea Selatan berjumlah 9,7 persen. Salah satu penyebab penurunan ialah kekhawatiran soal infrastruktur pengisian daya dan harga mobil yang mahal. 

Sementara itu, di China. Penjualan mobil listrik mencapai 22,2 persen dari total 30 juta mobil yang terjual. Beijing menerapkan langkah yang agresif untuk mendorong penjualan mobil listrik, antara lain mengurangi pajak dan memberikan diskon.

Di Jepang, penjualan mobil listrik mencapai 2,9 persen, sementara di India 2,1 persen. Penjualan mobil listrik di Amerika Serikat mencapai 7,2 persen dari seluruh penjualan mobil di negara tersebut. (AB)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com