Melihat Langsung Teknologi Baterai Milik Zeekr

Kru OtoDriver berkesempatan untuk berkunjung ke Markas Besar Zeekr di Tiongkok
Penulis: Aditya Widiutomo
Sabtu, 14 September 2024 10:00 WIB
Mobil Listrik - Melihat Langsung Teknologi Baterai Milik Zeekr
Bagikan ke:

OTODRIVER – OtoDriver berkesempatan untuk berkunjung ke Markas Besar Zeekr di Tiongkok. Dan, kami melihat langsung teknologi dari baterai Zeekr tersebut.

Baterai mobil listrik Zeekr diproduksi melalui perusahaan di bawah Zeekr Intelligent Technology bernama VREMT (Viridi E-Mobility Technology). VREMT pertama didirikan pada tahun 2013 berafiliasi dengan Geely Holding Group. 

Foto - Melihat Langsung Teknologi Baterai Milik Zeekr
Baterai Zeekr 

VREMT berkantor pusat di Ningbo, Zhejiang merupakan perusahaan teknologi yang memiliki spesialisasi dalam riset dan pengembangan, manufaktur, penjualan, dan layanan purna jual dari baterai, motor listrik, sistem charger, dan sistem penyimpanan energi. Pabrik ini membuat baterai ke beberapa merk lain seperti Geely, Smart, Volvo, dan Lotus.

Tidak hanya baterai, pabrik ini juga membuat motor listrik yang dinamai dengan EDS1, motor listrik ini yang digunakan Zeekr pada mobil mereka. Ada juga EDS2 motor listrik yang digunakan pada mobil-mobil Smart.

EDS1 dan EDS2 merupakan dasar motor listrik yang outputnya bisa lebih luas terkait tenaga mengikuti kebutuhan brand tersebut.

Sejauh ini, VREMT telah mengantongi lebih dari 1.233 hak paten dalam teknologi riset dan pengembangan, desain, proses manufaktur, termasuk 697 paten dalam sel bateria, modul, paket baterai, BMS (Battery Management System), motor electronic control, dan produk penyimpanan energi. Di VREMT ini juga terdapat laboratorium yang berdiri di atas lahan 37.000 meter persegi. 

Terdapat beberapa pengujian yang bisa dilakukan di pabrik ini mulai dari pengujian material dan elektrokimia, tes penyimpanan baterai dan energi, pengujian motor electronic control, sistem pengisian ulang baterai, kompatibilitas electromagnetic, tes keandalan lingkungan, hingga tes sistem penyimpanan energi.

Ada beberapa jenis baterai yang diproduksi di pabrik ini. Khusus model Zeekr, baterai yang digunakan yaitu 800V dengan pengisian singkat. Mengisi baterai 10- 80% dapat ditempuh dalam waktu 15 menit. Selanjutnya ada baterai 400V yang bisa diisi 10-80% dalam waktu 30 menit. Adapun dalam kurun waktu satu tahun, pabrik VREMT bisa memproduksi 1,047 juta unit baterai. (AW).

#baterai #zeekr

Bagikan ke:

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.