Zeekr 001 Mobil Listrik yang Mampu Drifting 208 km/jam Pecahkan Rekor Dunia

Zeekr 001 Mobil Listrik yang Mampu Drifting 208 km/jam Pecahkan Rekor Dunia

Mobil sport listrik buatan China Zeekr 001 mendapat penghargaan dari Guinness World Records. Mobil tersebut berhasil mencatat rekor drift tercepat pada 208 km/jam dan slalom tercepat oleh sebuah mobil listrik, dengan melewati 50 cone dengan jarak yang sama dalam waktu 49,05 detik. 

Dilansir dari paultan, rekor tersebut dipecahkan pada bulan Agustus di bawah pengawasan juri dari Guinness World Records di tempat pembuktian CATARC di China. Dalam pemecehan rekor tersebut, Zeekr 001 harus drift dengan kecepatan lebih dari 160 km/jam tetapi mencapai jauh lebih baik, mencapai kecepatan maksimum 207,996 km/jam dalam perjalanan untuk memecahkan rekor.

Zeekr adalah merek mobil China yang dimiliki oleh Geely Automobile Holdings yang juga merupakan perusahaan induk dari Volvo, Polestar, dan Lotus, didirikan pada tahun 2021. 

Zeekr 001 menggunakan baterai Z-Battery, 800 V battery system, liquid cooled heat pump dengan kapasitas 100 kWh mampu menghasilakn tenaga 536 hp dan torsi 566 lb-ft, yang diklaim mampu berakselerasi 0-62 mph dalam 3,8 detik. Jarak tempu mobil ini 606 km dengan pengisian dari 10% sampai 80% hanya 30 menit.

Harga Zeekr 001 adalah sekitar Rp685 juta. Zeekr juga berencana untuk memulai penjualan di Eropa pada tahun 2023, tetapi belum mengkonfirmasi rencana untuk memasuki pasar lainnya seperti Asia Tenggara atau Amerika Serikat. 

Zeekr juga mengembangkan angkutan mandiri untuk Waymo milik Alphabet Inc. Tidak seperti armada Waymo saat ini yang terdiri dari minivan Chrysler Pacifica Hybrid dan crossover Jaguar I-Pace, kendaraan Zeekr akan dibuat khusus untuk layanan taksi swakemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otodriver.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoDriver, caranya klik link https://t.me/otodriver, kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

 
 
 
Rekomendasi

Bus-truck.id

    Otorider.com